Rangkuman Tema 8 Subtema 1 Bumiku Kelas 6 Sd | Kumpulan Soal Tematik Sd

Rangkuman Kelas 6 Tema 8  subtema 1 Bumiku

Rangkuman Kelas 6 Tema 8  subtema 1 Bumiku kami buat dan kami posting selaku balasan dari undangan hadirin Blog Kami . Dengan Rangkuman diharapakan adik-adik jadi makin simple mencar ilmu alasannya yakni materi menjadi ringkas dan cuma point-point yang kami anggap penting yang kami tulis. Rangkuman Kelas 6 Tema 8  Subtema 1 Bumiku merujuk pada buku tematik yang berjudul “Bumiku” Buku tematik terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru. Buku ini berasal dari kementtian pendidikan dan kebudayaan disekolah selaku buku acuan di beberapa sekoalah. Besar cita-cita kami Rangkuman Tema 8 Subtema 1 Bumiku Kelas 6 SD sanggup diambil keuntungannya untuk siapa pun yang membutuhkan.
Rangkuman tema 8 subtema Kela 6 Bumiku
Sumber gambar : buku tematik kelas 6 tema 8 Bumiku

Kopetesi Dasar Tema 8 Subtema 1 Bumiku Kelas 6 SD

Berikut kami sampaikan apalagi dulu Kopetensi Dasar  (KD) untuk materi kelas 6 tema 8 subtema 1 Bumiku.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3.6. Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan.
4.6 Menyajikan realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan

Bahasa Indonesia

3.2 Menguraikan isi teks klarifikasi (eksplanasi) ilmiah wacana penyebab pergantian dan sifat benda , hantaran panas , energi listrik dan perubahannya , serta tata surya dengan sumbangan guru dan sobat dalam bahasa Indonesia mulut dan tulis dengan memutuskan dan menyeleksi kosakata baku.

4.2 Menyajikan teks klarifikasi (eksplanasi) ilmiah wacana penyebab pergantian dan sifat benda , hantaran panas , energi listrik dan perubahannya , serta tata surya secara berdikari dalam bahasa Indonesia mulut dan tulis dengan memutuskan dan menyeleksi kosakata baku

Ilmu Pengetahuan Sosial

3.1 Mengemukakan keanekaragaman faktor keruangan dan konektivitas antar ruang , waktu , pergantian dan 
keberlanjutan kehidupan insan dalam faktor sosial , ekonomi , pendidikan , dan budaya dalam penduduk Indonesia.
4.1 Menyajikan hasil penelitian terhadap keanekaragaman faktor keruangan dan konektivitas 
antar ruang , waktu , pergantian dan keberlanjutan kehidupan insan dalam faktor sosial , ekonomi , pendidikan , dan budaya dalam penduduk Indonesia dalam bentuk dongeng ,tulisan atau media lainnya
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
3.3 Mendeskripsikan peristiwa rotasi Bumi , revolusi Bumi , revolusi Bulan , dan peristiwa terjadinya gerhana Bulan dan gerhana Matahari.
4.2 Melaksanakan percobaan wacana hantaran dan pergantian benda akhir dampak suhu , serta mengidentifikasi variable bebas dan variable terikat dalam percobaan tersebut
Seni Budaya dan Prakarya (SBdp)
3.4 Menyajikan banyak sekali karya inovatif dalam kegiatan festival dan pertunjukkan.
4.1 Menggambar perspektif sederhana dengan menerapkan proporsi dan komposisi menurut hasil pengamatan.

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan  (PJOK)

3.9 Memahami rancangan pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular. 
4.9 Menyajikan rancangan pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular.
Matematika
3.4 Menentukan mekanisme pemecahan duduk permasalahan dengan menganalisis hubungan antar simbol , informasi yang berhubungan , dan mengamati pola.
4.8 Menggambar plotting titik-titik di kuadran pertama

Rangkuman Tema 8 Bumiku Kelas 6 SD
Perputaran Bumi dan Akibatnya
  1. Matahari terlihat terbit di pagi hari dan karam di sore hari alasannya yakni rotasi Bumi. Bumi terus berotasi sehingga Matahari terlihat terbit di sebelah timur , dan karam di sore hari.
  2. Planet bergerak mengelilingi garis khayal yang disebut sumbu.
  3. Gerakan Bumi mengelilingi sumbu/poros disebut rotasi Bumi.
  4. Bumi kita berputar membentuk lingkaran  360 derajat dan Waktu Bumi mengalami satu kali rotasi yakni 24 jam. 
  5. Garis lintang yakni garis khayal horizontal yang melingkari Bumi. Garis lintang dibedakan menjadi dua , yakni Lintang Utara (LU) dan Lintang Selatan (LS). Garis lintang itu digunakan selaku pedoman untuk pembagian wilayah iklim. 

  6. Garis bujur yakni garis khayal membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan belahan timur. Garis bujur yang terletak di belahan barat disebut garis Bujur Barat (BB) , sedangkan yang terletak di belahan timur disebut garis Bujur Timur (BT). Garis bujur digunakan selaku pedoman untuk pembagian wilayah waktu.
  7. Garis Bujur Barat (BB) dan garis Bujur Timur (BT) berhimpit di garis 0˚ Greenwich. Garis ini lewat Greenwich Observatory di Kota London , Inggris. Oleh karenanya , kota itu ditetapkan selaku penentu waktu inter-nasional. 
  8. Saat berotasi 1° derajat , maka Bumi memerlukan waktu 4 menit. Apabila berputar 15° , Bumi memerlukan waktu satu jam. Berdasarkan perkiraan itulah , setiap tempat di wajah Bumi yang memiliki selisih garis bujur 15° akan memiliki perbedaan waktu satu jam.
Revolusi Bumi
  1. Bumi bikin suatu jalur atau orbit berupa elips di saat mengelilingi Matahari yang disebut revolusi.
  2. Jalur atau orbit ini ditempuh dalam waktu satu tahun untuk satu putaran.
  3. Selama setahun , belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan secara bergantian menghadap dan membelakangi Matahari sehingga terjadi perbedaan musim.
  4. Akibat revolusi Bumi terhadap Matahari , negara yang berada di belahan 
  5. Bumi utara dan selatan setiap 3 bulan sekali mengalami pergantian musim.
  6. Revolusi Bumi menyebabkan Matahari terlihat bergeser ke arah belahan Bumi utara dan selatan. Padahal bahu-membahu , Matahari tidak bergerak. Peristiwa ini disebut selaku gerak semu tahunan Matahari. 
revolusi bumi kelas 6 tema 8

Menyanyi lagu Ambilkan Bulanku

  1. Lagu “Ambilkan Bulan , Bu” merupakan lagu belum dewasa ciptaan Bapak A.T. Mahmud. Bapak A.T. Mahmud bikin banyak lagu belum dewasa yang sarat dengan makna. 
  2. Jarak antara dua buah nada dimengerti selaku interval. 
  3. Jika dua buah nada tersebut dimainkan secara serentak , kita mengenalnya dengan ungkapan interval harmonis. 
  4. Jika dua buah nada tersebut dimainkan satu nada kemudian disusul dengan nada yang lain secara berurutan , kita mengenalnya dengan ungkapan interval melodis.
  5. Identifikasilah interval nada pada lagu “Ambilkan Bulan , Bu” dengan tangga nada C mayor
  6. Berikut lirik lagu ambilkan bulanku.
“Ambilkan Bulanku”
Ambilkan bulan , Bu
Ambilkan bulan , Bu
Yang senantiasa bersinar di langit
Di langit bulan benderang
Cahyanya hingga ke bintang
Ambilkan bulan , Bu
Untuk menerangi
Tidurku yang lelap
Di malam gelap
Ambilkan bulan , Bu
Ambilkan bulan , Bu
Yang senantiasa bersinar di langit
Di langit bulan benderang
Cahyanya hingga ke bintang
Ambilkan bulan , Bu
Untuk menerangi
Tidurku yang lelap
Di malam gelap
Ambilkan bulan , Bu
Ambilkan bulan , Bu
Ambilkan bulan , Bu

Kawasan Asia Tenggara

  1. Asia Tenggara terletak pada 29° LU dan 6° LS. Berdasarkan garis lintangnya , nyaris seluruh wilayah Asia Tenggara berada di kawasan tropis.
  2. Secara geologis , sebagian besar wilayah Asia Tenggara dilalui rangkaian Pegunungan Muda Mediterania. 
  3. Secara geografis , wilayah Asia Tenggara berada dijalur kemudian lintas yang menghubungkan Samudra Pasifik dan Samudra Hindia , antara Australia dan Asia. Kawasan Asia Tenggara juga dilalui jalur pelayaran antara Asia Timur dan Asia Selatan.
  4. Hampir seluruh wilayah Asia Tenggara memiliki kesamaan , yakni dilalui oleh pegunungan muda yang masih aktif. Kenyataan ini ditunjukkan dengan sering terjadinya gempa vulkanik dan tektonik. 
  5. Sebagian besar wilayah Asia Tenggara terletak di kawasan tropis. Tingginya curah hujan ini juga menyebabkan kawasan Asia Tenggara banyak hutan lebat. Di kawasan Asia Tenggara , berlaku demam isu penghujan dan demam isu kemarau. Curah hujan yang lebat menyebabkan wilayah ini subur. Salah satu kawasan pertanian yang subur di Asia Tenggara yakni kawasan fatwa Sungai Mekong. Sungai ini melintasi Tiongkok , Myanmar , Laos , Thailand , Kamboja , dan Vietnam. 

ASEAN

Negara-negara yang terletak di Asia Tenggara bersepakat untuk membentuk suatu organisasi yang berjulukan ASEAN. Organisasi ASEAN diresmikan 8 Agustus 1967 di Bangkok , Thailand. ASEAN berniat menjalin kolaborasi antarnegara Asia Tenggara.
ASEAN diprakarsai oleh perwakilan lima negara Asia Tenggara , yakni Menteri Luar Negeri Adam Malik (Indonesia) , Tun Abdul Razak (Malaysia) , Thanat Khoman (Thailand) , Rajaratnam (Singapura) , dan Marciso Ramos (Filipina). Mereka menandatangani deklarasi pendirian ASEAN. Deklarasi itu berjulukan Deklarasi Bangkok. 
Indonesia menjalin kolaborasi dengan negara-negara di Asia Tenggara. Kerja sama tersebut dijalankan demi perkembangan anggota. Kerja sama ASEAN tersebut diwujudkan dalam beberapa bidang berikut.
Kerja sama Negara-negara Asean
Kerja Sama ASEAN di Bidang Ekonomi
  • Pembukaan Pusat Promosi ASEAN
  • Penyediaan Cadangan Pangan
  • Penyelenggaraan Proyek Industri ( ASEAN Aceh Fertilizer Project , yakni pabrik pupuk di Aceh-Indonesia , ASEAN Urea Project , pabrik pupuk di Malaysia. , ASEAN Copper Fabrication Project , yakni pabrik tembaga di Filipina. ASEAN Vaccine Project yang memproduksi vaksin di Singapura.Rock Salt Soda Ash Project yang memproduksi bubuk soda di Thailand.
  • Kawasan Perdagangan Bebas (AFTA)
Kerja Sama ASEAN di Bidang Politik
  • Defense Ministers Meeting
  • Pengiriman Duta dan Konsulat
  •  Perjanjian Ekstradisi ASEAN
  • Perjanjian Kawasan Bebas Nuklir
  • Perjanjian Kawasan Damai , Bebas , dan Netral

Negara-Negara Asean

Singapura
  1. Ibukota : Singapura
  2. Luas : 622 km2
  3. Kelompok Etnis : Tionghoa (terbesar) , Melayu , India.
  4. Bahasa : Melayu , Cina , Tamil , Inggris.
  5. Agama : Tao (terbesar) , Buddha , 
  6. Islam , Kristen.
  7. Lagu 
  8. Kebangsaan : Majulah Singapura
  9. Pemerintahan : Republik
  10. Kepala Negara : Presiden
  11. Kepala Pemerin-tahan : Perdana Mentri
  12. Mata Uang : Dolar Singapura
Singapura merupakan negara kepulauan. Pulau Singapura dengan ukuran panjang 41 ,8 km dan lebar 22 ,9 km merupakan pulau paling besar di negara itu.  Singapura terletak 137 kilometer di utara khatulistiwa. Selat Johor memisahkan Malaysia dan Singapura.Singapura merupakan negara kepulauan yang memiliki 63 pulau kecil. Pulau-pulau itu , antara lain Pulau Tekong , Pulau Ubin , dan Pulau Sentosa. Lokasi tertinggi di Singapura berada di Bukit Timah dengan ketinggian 163 ,63 m. Cagar alam yang terkenal terletak di Bukit Timah Nature Reserve. Ada pula taman botani yang terkenal , yaitu 
Singapore Botanic Garden.
Thailand
Ibu kota : Bangkok
Luas : 513.115 km2
Kelompok etnis paling besar : Thai , Tionghoa , Melayu
Bahasa : Thai
Lagu kebangsaaan : Pheng Chart Thai
Agama : Buddha
Pemerintahan : Kerajaan
Kepala Negara : Raja
Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri
Satuan Mata Uang : Baht
Batas Negara : Sebelah utara memiliki batas dengan Laos , sebelah timur dengan 
Kamboja , sebelah selatan  dengan  Malaysia , sebelah barat dan 
barat daya memiliki batas dengan Myanmar dan Laut Andaman.
Wilayah geografis Thailand sanggup dibedakan menjadi empat wilayah , yakni dataran rendah , pegunungan , pegunungan kapur , dan Tanah Genting Kra. 
  • Dataran rendah berada di penggalan tengah. Daerah ini dialiri Sungai Chao Phraya yang mengalir ke teluk Thailand. Daerah ini merupakan kawasan subur.
  • Daerah pegunungan berada di penggalan utara dan barat. Gunung tertinggi yakni Gunung Doi Inthanon (2.576 m).
  • Pegunungan kapur berada di penggalan timur yang disebut Pegunungan Plato.
  • Tanah Genting Kra yang memanjang Semenanjung Thailand berada di penggalan selatan.

Kewajiban Sebagai anggota keluarga tehadapa lingkungan

Setiap anggota keluarga memiliki keharusan berlainan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap keluarga pun memiliki keharusan melakukan pekerjaan sama  untuk menegaskan kehidupan bermasyarakat berlangsung dengan baik. Salah satu keharusan setiap keluarga dalam kehidupan bermasyarakat yakni mempertahankan kebersihan dan 
kesehatan lingkungan. Menyayangi dan menghormati orang tua.
  • Selu mebersihkan rumah dari kotoran dan sampah
  • Menanam pohon disekitar rumah biar udara segar
  • Melakukan 3 M (Menutup tempat penyimpanan air , Menguras kolam mandi secara ritun , Mengubur barang-barang bekas
  • Selalu terapkan 3B (Buang sampah di tempat yang telah di sediakan , Bersihkan segala sesuatu yang kotor , Biasakanlah untuk hidup sehat dan bersih.Demikianlah Tips mempertahankan lingkungan tetap sehat dan tenteram , mudah-mudahan sanggup bermanfaat.
Kewajiban Sebagai Pelajar
Setiap insan memiliki hak dan keharusan tergolong juga anak , dan selaku pelajar juga.
  • Menghormati guru
  • Membantu pekerjaan guru
  • Menjaga kebersihan dan keindahan sekolah
  • Belajar yang rajin
  • Selalu melakukan kiprah sekolah
  • Mengikuti seluruh kegiatan sekolah sesuai dengan ketentuan yang
Menjadi Reporter
Repoter yakni orang yang bertugas meliput gunjingan di lapangan dan melaporkannya terhadap publik. Laporan sanggup berupa goresan pena untuk media cetak. Laporan juga sanggup berupa mulut yang disampaikan lewat media elektronik menyerupai radio dan televisi
Menyanyikan “Desaku yang Kucinta”
Lagu “Desaku yang Kucinta” asalha lagu hasil karya L.Manik. Berikut liril lagu nya yang dinyanyikan secara moderato.
“Lagu Desaku yang Kucinta”

Desaku yang kucinta
Pujaan hatiku
Tempat ayah dan bunda
Dan handai taulanku
Tak gampang kulupakan
Tak gampang bercerai
Selalu kurindukan
Desaku yang permai
Desaku yang kucinta
Pujaan hatiku
Tempat ayah dan bunda
Dan handai taulanku
Tak gampang kulupakan
Tak gampang bercerai
Selalu kurindukan
Desaku…

Keadaan Alam Indonesia

  • Indonesia memiliki lebih dari ribuan pulau. Pulau terpadat orangnya yakni Pulau Jawa Indonesia memiliki lebih dari ribuan pulau. Pulau terpadat orangnya yakni Pulau Jawa. Lebih dari setengah (65%) penduduk Indonesia hidup di Pulau Jawa. Indonesia memiliki 5 pulau besar , yakni Jawa , Sumatra , Kalimantan , Sulawesi , dan Papua. Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung api. Sekitar 130 di antaranya tergolong gunung api aktif
  • Indonesia memiliki iklim tropik berair yang dipengaruhi oleh angin muson barat dan muson timur. Dari bulan November hingga Mei , angin bertiup dari arah barat laut. Angin ini menenteng banyak uap air sehingga pada bulan-bulan tersebut Indonesia mengalami demam isu hujan. Bulan Juni hingga Oktober , angin bertiup dari tenggara. Angin ini bersifat kering sehingga pada bulan-bulan tersebut , Indonesia mengalami demam isu kemarau

Karangan Nonfiksi

  1. Karangan nonfiksi merupakan karangan yang dibentuk menurut fakta , realita , atau peristiwa yang sungguh-sungguh terjadi. Tulisan nonfiksi lazimnya berupa goresan pena ilmiah dan ilmiah terkenal , laporan , postingan , feature , skripsi , tesis , desertasi , makalah , dan sebagainya.
  2. Perbedaan antara fiksi dan nonfiksi terletak pada duduk permasalahan faktual atau tidak , imajiner atau tidak. Perbedaan antara keduanya sama sekali tidak ada keterkaitannya dengan gaya bahasa atau apa pun selain duduk permasalahan fakta atau khayalan.
  3. Karangan nonfiksi berupaya meraih taraf objektivitas yang tinggi , berupaya menawan , dan membangkitkan nalar (pikiran) pembaca. Bahasa karangan nonfiksi bersifat denotatif dan berbincang pada pemahaman yang telah terbatas sehingga tidak memiliki arti ganda.
  4. Nonfiksi dibagi menjadi 2 menyerupai berikut.1. Nonfiksi murni berisi pengembangan menurut data-data yang autentik.2. Nonfiksi inovatif berawal dari data autentik kemudian dikembangkan sesuai imajinasi penulisnya yang kebanyakan dalam bentuk novel , puisi , prosa.
Lagu Bersih dan Sehat
lagu higienis dan sehat yakni lagu karang A. T Mahmud berikut liri lagu Besrsih dan sehat
Bersih dan Sehat
ciptaan: a.t Mahmud
Bersih dan Sehat
Jagalah lingkunganmu
Agar higienis selalu
Jagalah lingkunganmu
Agar sehat selalu
Kebersihan pangkal kesehatan
Kesehatan sungguh diperlukan
Hidup higienis menyebabkan sehat
Hidup sehat kerja pun giat

Link Latihan Soal

Demikianlah Rangkuman Tema 8 Subtema 1 Bumiku Kelas 6 SD mudah-mudahan berharga untuk kita semua. Jika teman-teman mencicipi faedah silahkan share agar semua orang mencicipi faedah yang sama
Rangkuman Tema 8 Subtema 1 Bumiku Kelas 6 SDRating: 4.5Diposkan Oleh: muslimah

Posted

in

by