Pertimbangan Dalam Menentukan Distro Linux

Pertimbangan dalam menentukan distro linux sendiri

Dewasa ini, metode operasi Linux semakin jamak digunakan oleh banyak sekali kelompok, termasuk juga pebisnis. Bagi Anda yang ingin mengembangkan perjuangan misalnya, mengapa tidak memikirkan menggunakan Linux selaku tata cara operasi komputer perusahaan?
Di samping mengurangi biaya, fitur berikut aplikasi yang ada di Linux tidak kalah dengan sistem operasi lain yang beredar di pasaran. Khususnya bagi yang belum terlalu mengenal Linux, panduan berikut ini mungkin berguna dikala akan memilih Linux, seperti kami kutip dari Detik dan PCWorld.
1. Mengapa Memilih Linux?
Setiap distro Linux tersedia gratis bagi yang menginginkannya. Anda mampu menginstalnya di sebanyak mungkin komputer secara hanya-hanya. Sebagai tambahannya, tata cara operasi Linux telah mengandung banyak aplikasi penting.
Bagi Anda yang memerlukan software pengolah kata atau penghitung, sudah tersedia OpenOffice.org yang cukup cantik. Untuk mengutak atik gambar, ada aplikasi Gimp yang relatif mumpuni.
Beberapa aplikasi Windows, kalau dibutuhkan, juga bisa dilaksanakan di Linux dengan utility berjulukan Wine. Aplikasi server di Linux contohnya Apache Web Server dan MySQL untuk database bisa pula dipercaya para usahawan. Juga ada software networking Samba yang tak kalah cantik dibanding aplikasi sejenis yang berbayar. Dan tentu saja perlu dikenang bahwa serangan virus amat sedikit menerpa Linux.
2. Memilih Distro Linux
Ada berbagai distro Linux yang beredar. Perbedaannya misalnya terletak pada akomodasi pemakaiannya dan fitur apa saja yang ada di dalamnya. Kebanyakan distro linux yang ada kini cukup gampang pengoperasiannya, misalnya Ubuntu atau Fedora.
Bagi pengguna pemula, distro Linux berskala kecil seperti PuppyLinux bisa menjadi pilihan. Pendek kata tersedia banyak opsi bagi Anda yang ingin mengadopsi Linux, apapun spesifikasi komputer Anda.
3. Bagaimana dengan Support?
Dukungan support untuk Linux memang umumnya berbayar namun relatif tidak mahal. Dewasa ini, banyak komunitas Linux bertebaran di mana-mana dan kian banyak programmer melek Linux serta buku-buku panduan. Anda mampu ketika-waktu mengandalkan mereka jikalau terjadi masalah ataupun berkonsultasi untuk memilih aplikasi yang sesuai.
4. Estimasi Biaya
Meski software Linux gratis dan cuma supportnya yang berbayar, terperinci akan ada ongkos contohnya untuk pembinaan karyawan biar mengerti Linux dan mungkin terhambatnya proses kerja pada periode awal karena masih banyak yang belum familiar dengan Linux. Namun jikalau dipertimbangkan rincian, pengurangan biaya perusahaan akan lebih besar dibanding biaya yang dikeluarkan.

sumber : http://softwarebagus.epajak.org/


Posted

in

by