Rangkuman Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Benda-Benda Di Sekeliling Kita | Kumpulan Soal Tematik Sd

Rangkuman Materi Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Benda-Benda disekitar kita  Memiliki Judul Subtema “Benda Tunggal dan Campuran” kami buat untuk melengkapi postingan-postingan kami yang berhubungan dengan kelas 5 teme 9 subteme 1. Postingan ini kami buat biar para orang renta dan adik-adik bisa mengerti dan mengetahui point penting apa saja yng terdapat pada subteme 1 tema 9 kelas 5. Dengan begitu , belajar akan menjadi lebih simple dan mudah.

Pada potensi kami telah menghasilkan artikel yang berkatan dengan Rangkuman ini yakni :

Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Benda-benda disekitar Kita

Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 9 Subtema 2 Benda-Benda disekitar kita

Soal Ulangan Haria Kelas 5 Tema 9 subtema 3 Benda-Benda di Sekitar Kita

Dalam menghasilkan rangkuman ini kami mengacu pada buku yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidakan dan Kebudyaan (Kemendikbud) dengan judul buku Tema 9 Benda-Benda disekitar kita , Buku tematik terpadu kurikulum 2013/

Rangkuman bahan kelas 5 tema 9 subtema 1
Benda-benda disekitar kita

Kopetensi Dasar (KD) Kelas 5 Tema 9 Subtema Benda-Benda di Sekitar Kita

Dalam menyusun Rangkuman Nateri  Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Benda-Benda di Sekitar Kita kami mengikuti Kopetensi Dasar (KD)  yang telah di rumuskan oleh pemerintah. Adpun Kopentensi Dasar yang dijadikan standar merupakan selaku berikut :

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

3.9 Mengelompokkan bahan dalam kehidupan sehari-hari menurut komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran).

4.9 Melaporkan hasil penelitian sifat-sifat adonan dan komponen penyusunnya dalam kehidupan sehari-hari.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia selaku negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya kepada kehidupan ekonomi , sosial , budaya , komunikasi , serta transportasi.

4.1 Menyajikan hasil kenali karakteristik geografis Indonesia selaku negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya kepada kehidupan ekonomi , sosial , budaya , komunikasi , serta transportasi.

1.4 Mensyukuri faedah persatuan dan kesatuan selaku anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

2.4 Menampilkan perilaku jujur pada penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang sosial budaya.

3.4 Menggali faedah persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup.

4.4 Menyajikan hasil penggalian wacana faedah persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan

Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)

3.2 Memahami tangga nada.

4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam aneka macam tangga nada dengan iringan musik

B. Indonesia

3.3 Meringkas teks klarifikasi (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.

4.3 Menyajikan ringkasan teks klarifikasi (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara verbal , tulis , dan visual.

Rangkuman Materi Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Benda-Benda disekitar kita 

Ikalan
  1. Iklan merupakan sebuah cara yang digunakan untuk memamerkan ataum empromosikan sebuah barang atau jasa. Iklan lazimnya ada di mediacetak menyerupai koran atau majalah. Iklan juga ada yang ditayangkan melaluitelevisi dan radio. 
  2. Unsur-Unsur Iklan.  
    1. Nama produk.
    2. Gambar yang menarik.
    3. Kalimat iklan.
    4. Keunggulan produk.
    5. Harga produk.
    6. Nomor telepon.
    7. Alamat pengiklan.
      

Zat Tunggal dan Campuran
  1. Materi adalahsegala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa.Berdasarkan komposisi penyusunnya , bahan dibedakan menjadi zattunggal dan camp 
  2. Zat Tunggal. Zat tunggal merupakan zat yang terdiri atas bahan sejenis. Contohbenda tergolong dalam zat tunggal merupakan air , garam , gula , dan emas24 karat. 
  3. CampuranCampuran merupakan zat yang terdiri atas berbagai jenis bahan atau zat
    tunggal. Campuran sanggup dibedakan menjadi adonan homogendan adonan heterogen

    Campuran Homogen. Campuran homogen merupakan adonan yang zat penyusunnya tercampur sempurna. Pada adonan homogen , zat penyusunnyatidak sanggup dibedakan.Contoh: air garam , sirop , udara , perunggu , kuningan. Campuran HeterogeCampuran heterogen merupakan adonan yang zat penyusunnyatidak tercampur sempurna. Pada adonan heterogen , zatpenyusunnya masih sanggup dibedakan.Contoh: adonan air dengan kopi , airdengan tepung , dan air dengan pasir.

Air dan Manfaatnya

Air merupakan rujukan zat tunggal. Air putih tidak bernodasedikitpun serta tidak ada warnanya. Air yang murni dari air yang terdiri atas satu jenismateri saja selaku penyusunnya. Air sungguh dibutuhkan oleh insan dalam kehidupansehari-hari. Berikut Manfaat Air :

  1. Air untuk minum.
  2.  Air untuk membersihkanbadan dari kotoran. 
  3. Air untuk mencuci baju yangkotor. 
  4. Air untuk memasak. Air untuk menyiram tanah agar subur tanamannya
  5. Air untuk mengairi pertanian
  6. Air untuk pembangkit listrik.

Menyanyikan Lagu “Air”

Berikut poin pentinga dari lagu ” Air”.
  1. Lagu yang berjudul Air merupakan hasil karya Ciptaan Yanti. 
  2. Tangga nada dari lagu ‘Air’ merupakan tanda nada diatonis mayor. Hal ini mempunyai arti lagu ini menggunakan tangga nada yang mempunyai dua jarak nada , yakni satu dan setengah dan mempunyai tujuh nada pokok.
  3. Melalui lagu ‘Air ,’ Yanti ingin menyodorkan bahwa air sungguh bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari manusia
  4. Untuk lirik lagu  dan Nadanya Silahkan Klik Link Berikut (Lirik Lagu )

Mengenal Tangga Nada

Tangga nada merupakan urutan nada yang disusun secara berjenjang , umpamanya 1 2 3 4 5 6 7 1. tangga nada dibagi menjadi dua yakni :
  1. Tangga nada diatonis mayor. Tangga nada diatonis mayor merupakan tangga nada yang susunan nadanyaberjarak 1 – 1 – 1/2 – 1 – 1 – 1 – 1/2. 
  2. Tangga nada diatonis minorTangga nada minor merupakan tangga nada diatonis yang susunan nadanya1 – 1/2- 1 – 1 – 1/2- 1 – 1. 
Tangga nada minor dibedakan menjadi tiga jenis , yaitu   
  1. Tangga nada minor orisinil masih merupakan nada-nada pokok , belum memperoleh nada sisipan. Berikut rujukan tangga nada minor asli.
  2. Tangga nada minor serasi merupakan tangga nada dengan nadaketujuh dinaikkan setengah laras. Pada di saat turun jaraknya tetapsama. 
  3. Tangga nada minor melodis merupakan tangga nada minor orisinil dengannada ke-6 dan ke-7 dinaikkan setengah laras. Pada di saat turun nadake-6 dan ke-7 diturunkan setengah laras.  

Menyanyikan lagu “Gugur Bunga” dan “Ayam Dena Lapeh”

  1. Lagu Gugur Bungaku merupakan hasil karya dari Ismail Marzuki dengan Nada dasar orisinil G Mayor dinyanyikan dengan Tempo Lambat.  “Gugur Bunga” ditulis untuk menghargai para pendekar yang gugur pada Revolusi Nasional Indonesia Untuk Lirik lagu Klik Link Berikut (Lirik lagu gugur Bunga)
  2. Lagu  “Ayam Dena Lapeh” Adalah lagu tempat asal Sumatra Barat berjulukan Nurseha. lagu ini mengisahkan  Kisah seseorang yang mengekspresikan perasaan kehilangan sesuatu yang berharga. Lagu ini di nyayikan dengan tempo cepat. untuk Selenkapanya baca  (Liril lagu Ayam den Lapeh)

Letak Geogerafis Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan paling besar di dunia. Negara Indonesiamemiliki posisi geografis yang unik sekaligus memunculkan posisi yang strategis.Hal ini sanggup dilihat dari letak Indonesia yang berada di antara dua samudra ,yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia juga terletak di antaradua benua yakni Benua Asia dan Benua Australia

Makana Penting Persatuan dan Kesatuan Indonesia

Makna penting di dalam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesiaadalah selaku berikut:

  1. Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan salingmelengkapi antara satu dengan yang lain.
  2. Menjalin rasa kemanusian dan perilaku saling toleransi serta rasaharmonis untuk hidup berdampingan secara rukun dan damai.
  3. Menjalin rasa persahabatan , kekeluargaan , dan perilaku tolong-menolongantarsesama , serta perilaku nasionalisme.  


Kenampakan Alam 
Ketampakan alam disebut juga dengan ungkapan bentang alam. Indonesiamemiliki bentang alam yang berbeda-beda di setiap daerah. Ada daerahdataran tinggi dan ada tempat dataran rendah. Ketampakan alam terdiri atas dua cuilan pokok ,yaitu 
  1. Ketampakan alam berupa perairan. Perairan merupakanbagian dari permukaan bumi yang tergenang air. Bentuk ketampakanalam perairan umpamanya sungai , danau , dan laut.  
  2. dan ketampakan alam yang  beruapa daratan Daratan merupakan tempat kita berpijak. Bentuk ketampakan alam berupadaratan majemuk , umpamanya gunung , pegunungan , dataran tinggi , dataran rendah , pantai , tanjung , dan delta  


Kenampakan alam kelas 5 tema 9
Contoh Kenampakan alam

Ciri-Ciri Bahasa Iklan

Agar sanggup menawan perhatian khalayak , iklan dalam media cetak mempunyai ciri-ciri bahasa selaku berikut:
1. Menggunakan bahasa yang singkat , padat , dan jelas.
2. Menggunakan bahasa yang menarik dan mempunyai daya sugesti.
3. Menggunakan kata konotasi positif.
4. Isinya bersifat objektif , jujur , singkat , terperinci , dan menarik

Menyanyikan lagu “Suwe Ora Jamu” dan Lir-ilir

  1. Lagu “Suwe Ora Jamu” merupakan hasil karya dari  R.C. Hardjosubroto. Jenis tangga nada : Pelog Penjelasan : Pada lagu tersebut banyak digunakan nada-nada 1-3-4-5-7. untuk Selengkapnya lirik bisa klik (Lirik Lagus Suwe Ora Jambu)
  2. Lagu “Lir-ilir” merupakan lagu tempat berasal dari Jawa tengah Jenis tangga nada : SalendroPenjelasan : Pada lagu tersebut banyak digunakan nada-nada 1-2-3-5-6.

Hidup Rukun dalam Persatuan

  1. Keragaman budaya di antaranya berupa upacara susila , rumah adat , tari-tarian , dan aneka macam lagu tempat serta pakain adat.
  2. Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa kita yang mengungkapkan persatuan dan kesatuan yang berasal dari keanekaragaman. Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda tapi tetap satu jua.
  3. Hidup rukun mesti dijalankan antara sesama anggota masyarakat. Hidup rukun akan menghasilkan persatuan dan kesatuan bangsa kian kuat. Agama dan suku setiap anggota penduduk pasti berbeda. Walaupun berlainan anggota penduduk mesti hidup rukun , saling menolong dan menolong. 
  4. Contoh hidup rukun di penduduk , umpamanya , melakukan pekerjaan sama dalam kebersihan dan keselamatan lingkungan. Hidup menjadi lebih baik dan tenteram jikalau hidup dengan rukun.

hidup rukun kelas 5 tema 9  subtema 1benda disekitar
Hidup rukun dalam perbedaan

Menyanyikan lagu Air Sumber Kehidupan

Air kehidupan merupakan hasil karya dari Yanti Lagu tersebut menggunakan nada dasar Do=C , birama 2/4 , dan tempo sedang. Untuk lirinya bisa Baca (lirik lagu Air Suber Kehidupan)

Demikianlah Rangkuman Materi Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Benda-Benda di Sekitar Kita dengan subjudul”Benda tunggal dan Campuran. Semoga Ada keuntungannya bagi kaka-kaka pengajar , para orang renta dana bapak dan ibu guru dan yang paling utama merupakan adik-adik sekalian. Jika Rangkuman Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Benda-Benda di Sekitar Kita Dirasa ada keuntungannya jangan lupa untuk Share Artikel ini ketemen-temen lainnya biar mencicipi manfaatnya.

Ayo Uji Kemampuanmu di Sini

Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Benda-benda disekitar Kita

Terimakasi Sudah mau berkunjung ke blog kami salam berhasil buat anda semua.
Rangkuman Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Benda-Benda di Sekitar KitaRating: 4.5Diposkan Oleh: muslimah

Posted

in

by