Lirik Lagu Gugur Bunga Ciptaan Ismail Marzuki | Kumpulan Soal Tematik Sd

Lirik Lagu Gugur Bunga merupakan Ciptaan  Ismail Marzuki. Lagu Gugur bunga ini sering kita dengar pada setiap tanggal 10 November bertepatan dengan hari pahlawan. Lagu tersebut di nyanyikan selaku bentuk ucapan terimkasih terhadap para pendekar yang sudah gugur kerana dengan gigihnya merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Lagu ini merupakan salah satu kategori  lagu wajib Nasional di ciptakan tidak jauh setelah proklmasi kemerdekaan.

Pahlawan sejati

Lirik Lagu

Gugur  Bunga
Gugur Bunga
Gugur Bunga Betapa hatiku takkan pilu 
Telah gugur pahlawanku 
Betapa hatiku takkan sedih 
Hamba ditinggal sendiri 
Siapakah sekarang plipur lara 
Nan setia dan perwira 
Siapakah sekarang pendekar hati 
Pembela bangsa sejati

Reff :

Telah gugur pahlawanku
Tunai sudah kontrak bakti
Gugur satu berkembang sribu
Tanah air jaya sakti
Gugur bungaku di taman hati
Di hari baan pertiwi
Harum semerbak menyertakan sari
Tanah air jaya sakti

Tangga Nada Lagu Gugur Buga

Lagu gugur bunga bertangga nada diatonik minor. Tangga nada merupakan urutan nada yang disusun secara berjenjang , umpamanya do , re , mi , fa , so , la , si , do. Tangga nada dibagi menjadi dua yakni tangga nada diatonik dan tangga nada pentatonik.

Tempo Lagu Gugur Buga

Lagu “GUGUR BUNGA” merupakan dinyanyikan dengan menggunakan Tempo Largo. Tempo Largo ini artinya merupakan tempo yang lambat , dengan demikian maka lagu Gugur Bunga pun kian berbincang amanat kesedihan atas gugurnya para pendekar dalam menjaga bangsa Indonesia.

LARGO merupakan jenis tempo yang dimainkan dengan lambat sekali. Largo ini maknanya merupakan sebuah tempo dengan kisaran ketukan antara 40 hingga 60 BMP. Pada sumber lain menyebutkan tempo largo ini memiliki ketukan mulai dari 44 hingga 48 ketukan per menitnya.

Tempo yang lambat ini biasanya dimainkan pada lagu-lagu yang memang mengandung kesedihan. Adapun pada lagu-lagu yang riang bangga dipergunakan tempo yang cepat sehingga menguatkan kesan yang senang , senang dan semacamnya.

Makna Lgu Gugur Bunga

“Gugur Bunga di Taman Bakti” , yang lebih dipahami dengan istilah “Gugur Bunga” , merupakan lagu patriotik Indonesia yang ditulis oleh kompose Ismail Marzuki pada tahun 1945 , pada masa usaha kemerdekaan mempertahan kan Indonesia dari kembalinya pasukan dan pemerintahan Belanda.
Lagu ini ditulis untuk menghormati serdadu Indonesia yang tewas dalam usaha kemerdekaan Indonesia. Lagu ini bercerita tentang janjkematian seorang serdadu , dan perasaan murung dan kehilangan dari sang penyanyi.
Lagu “Gugur Bunga” menjadi lagu yang banyak dinyanyikan dalam demonstrasi dan pemakaman. Syair dari lagu ini “gugur satu , berkembang seribu” (satu jatuh , seribu muncul) masuk dalam penggunaan bahasa Indonesia sehari-hari untuk menggambarkan usaha yang tak henti , meski membutuhkan pengorbanan besar.
Lagu ini merupakan lagu usaha yang penting , dan dijadikan selaku lagu wajib bagi siswa , bareng dengan “Indonesia Raya ,” Satu Nusa Satu Bangsa ” , dan” Bagimu Negeri “. 

Lirik Lagu Gugur Bunga Ciptaan Ismail MarzukiRating: 4.5Diposkan Oleh: muslimah

Posted

in

by

Tags: