Rangkuman Kelas 3 Tema 2 Mencintai Binatang Dan Flora | Kumpulan Soal Tematik Sd

Rangkuman Kelas 3 Tema 2 Menyayangi Hewan dan Tumbuhan. Rangkuman ini kami buat untuk menolong adik-adik belajar. Rangkuman Kelas 3 Tema 2 Menyayangi Hewan dan Tumbuhan mencar ilmu akan menjadi lebih ringkas dan mudah.

Gambar Buku tematik kelas 3 tema 2 Kemendikbud 

Kopetensi Dasar  Kelas 3 Tema 2 Menyangi Hewan dan Tumbuhan

Pendiikan Pancasila dan Kewarga Negaraan

1.1 Menerima arti bintang , rantai , pohon beringin , kepala banteng , dan padi 
kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” selaku anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Bersikap jujur , peduli , kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” 
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang nega

Bahasa Indonesia

8 Menguraikan pesan dalam dongeng yang dihidangkan secara verbal , tulis , dan visual dengan tujuan untuk 
kesenangan
4.8 Memeragakan pesan dalam dongeng selaku bentuk sebutan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif

Matematika

3.1    Menjelaskan sifat- sifat operasi hitung pada bilangan cacah
4.1 Menyelesaikan kendala yang melibatkan penggunaan  sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah

Seni Budaya dab Prakarya

3.2 Mengetahui bentuk dan kombinasi teladan irama dalam lagu
4.2 Menampilkan bentuk dan kombinasi irama lewat lagu

Pendidikan Jasmani dan Olahraga

3.2 Memahami kombinasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan rancangan badan , ruang , jerih payah , dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.2 Mempraktikkan gerak kombinasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan rancangan badan , ruang , jerih payah , dan keterhubungan dalam aneka macam bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

Rangkuman Kelas 3 Tema 2 Menyayangi Hewan dan Tumbuhan

Ayo Membaca

Membaca Dongeng “Pohon Apel”. Berikut merupakan inti dari dongeng tersebut.
  1. Pada kisah ini diceritakan wacana seoran belum dewasa laki dengan suatu pohon apel.
  2. Ketika kecil anak pria tersebut sering bermain di bawah pohhon apel. Anak pria tersebut sungguh menyanyangi pohon apel tersebu dan phon apel sungguh seneng juga dengan anak tersebut.
  3. Setelah remaja anak tersebut tidak pernah mendatangi pohon apel tersebut , Pohon apel merasa kesepian.
  4. Pada Suatu hari Anak pria terbut tiba terhadap pohon apel. Pohon apel mengajaknya bermain , namun anak tersebu menolak alasannya merupakan sibuk. Anak tersebut memerlukan kayu untuk rumahnya. Pohon apel pun menyerahkan batangnya untuk digunkan anak tersebut.
  5. Pada suatu hari anak tersbut tiba lagi. pohon apel berkata “Aku sudah tidak punya apa-apa lagi”. Anak  itu berkata “Aku cuma memerlukan suatu tempat untuk beristirahat” dan anak tersbut beristirahat didekat pohon apel.
  6. Akhir Cerita pohon apel sungguh senang alasannya merupakan bisa gotong royong lagi dengan anak tersebut.
Gambar : Buku tematik kelas 3 tema 2 Kemendikbud

Berlatih Soal Cerita

Tumbuhan menyediakan faedah bagi kehidupan manusia. Salah satunya merupakan selaku materi masakan , industri , perlengkapan rumah tangga , busana , pewarna alami dan kesehatan.
Pohon cemara salah satu flora yang dapat hidup di tempat yang dingin. Keunikan pohon ini terdapat pohonnya yang berkembang menjulang ke atas seumpama gunung. Pohon cemara memang banyak didapatkan di tempat pegunungan.
 
Pohon cemara banyak manfaatnya. Salah satunya bisa dijadikan selaku materi untuk bikin piranti rumah tangga. Selain itu pohon cemara yang masih kecil juga bisa dijadikan selaku materi untuk mempercantik taman di halaman rumah.
 
Duduk dibawah pohon cemara akan lebih asyik sambil membaca suatu dongeng. Berikut ini suatu dongeng yang berjudul Pengembara dan Sebuah Pohon.
Pengembara dan Sebuah Pohon
Pengarang: Aesop
Dua orang pengembara berlangsung di sepanjang
jalan yang berdebu dan tandus di hari yang
sangat panas. Tidak usang kemudian , mereka menemukan
sebuah pohon besar. Dengan gembira , keduanya
lalu berteduh dari teriknya sinar matahari di bawah naungan daun-daun
pohon besar yang lebat. Saat beristirahat , mereka menyaksikan ke atas pohon. Salah seorang pengembara berkata terhadap kawan seperjalanannya ,
“Betapa tidak bergunanya pohon besar ini! Pohon ini tak mempunyai buah sehingga tak mempunyai fungsi untuk insan sama sekali.”
Pohon besar tersebut kemudian berkata , “Kamu insan yang tidak tahu berterima kasih!“ Pohon itu berkata lagi , “Kamu tiba dan
bernaung di bawah daun-daunku. Kamu menikmati teduhnya pinjaman cabang dan daunku. Kamu masih menyebutku tidak berguna
sama sekali?”
Tuhan bikin makhluk hidup dengan segala perbedaan. Setiap insan mempunyai perbedaan masing-masing demikian pula dengan binatang dan tumbuhan. Namun , binatang dan flora senantiasa berperan penting bagi kelancaran hidup manusia.
Berikut ini beberapa faedah binatang bagi insan ;
1. Sumber makanan. Beberapa binatang ada yang dijadikan selaku sumber masakan , seumpama ayam dan sapi.dan
2. Membantu pekerjaan. Hewan juga bisa menolong pekerjaan insan , seumpama membajak sawah dan mempertahankan rumah.
 
3. Sebagai binatang peliharaan. Beberapa jenis binatang dijadikan selaku binatang peliharaan bagi manusia. Seperti ; kucing , anjing , dan burung.
Tidak cuma binatang , flora pun mempunyai faedah yang besar bagi kelancaran hidup manusia. Beberapa faedah flora bagi insan merupakan :
1. Sebagai sumber makanan.
Banyak masakan kita yang bersumber dari tumbuhan. Seperti beras , jagung , ketela dan sagu.
2. Sebagai materi pembuat rumah.
3. Sebagai benda kerajinan tangan dan seni
4. Sebagai alat-alat piranti rumah tangga
5. selaku materi obat-obatan.
Karena itu perilaku kita terhadap binatang dan flora mesti senantiasa mengasihi mereka. Cara kita mengasihi cukup dengan senantiasa mempertahankan dan merawatnya.
Jika mempunyai binatang peliharaan , maka jangan lupa diberi makan. Jika ingin halaman rumah kita indah dan hijau , maka jangan malas-malas untuk senantiasa merawat semua jenis tumbuhan yang ada di halaman.
 
Kita mesti bisa senantiasa berterima kasih terhadap semua yang menolong kita. Termasuk terhadap flora dan orang-orang disekitar kita.
Mangapa kita mesti senantiasa berterima kasih?
Kita mesti senantiasa senantiasa mengucapkan terimakasih atas segala sesuatu yang sudah kita peroleh. Baik terhadap Tuhan , terhadap orang lain dan terhadap alam ini.
Apa yang kita rasakan setelah mengucapkan terimakasih?
Setelah kita mengucapkan terimakasih , pasti kita akan merasa senang dan lega. Tidak cuma kita sendiri yang merasa senang , tetapi orang lain yang kita berikan terimakasih pun akan mencicipi hal yang sama.
Bacalah dongeng pendek berikut ini.
                                      Bunga Melati yang Baik Hati
Di suatu taman tumbuhlah aneka macam jenis tumbuhan bunga. Kini semua tumbuhan bunga tersebut sudah mulai berbunga. Para hadirin pun sungguh senang sekali tiba ke taman tersebut. Sampai sebagian dari mereka yang tiba senantiasa membanggakan bunga melati.
   Mendengar kabar itu , semua bunga di taman tersebut menjadi kesal terhadap bunga melati. Sampai-sampai mereka mengatakan yang buruk wacana bunga melati.
    “kenapa ya si Melati senantiasa menjadi primadona di taman ini?” tanya bunga Anggrek.  ‘Hemmm….ya… benar sekali , padahal bunga melati itu kecil , dan ia juga cuma berwarna putih , tidak seumpama ku berwarna merah mrona” jawab bunga Mawar.
Semua bunga pun jadi iri terhadap bunga melati dan senantiasa menjauhinya.
    Karena aroma bunga melati yang semerbak , bisa memanggil semua kumbang untuk  tiba untuk mengisap sari madu yang ada pada setiap bunga. Bunga-bunga menjadi senang. Barulah mereka sadar jikalau aroma bunga melati bisa menawan kumbang yang datang.
    Semua bunga sekarang berterimakasih terhadap bunga melati. Mereka sungguh senang terhadap bunga melati. Semua bunga meminta maaf terhadap bunga Melati. Bunga Melati pun mendapatkan maaf dari semua bunga di taman.
Tokoh dalam dongeng tersebut merupakan :
1. Bunga Melati mempunyai huruf baik hati , pemaaf , dan tidak sombong.
2. Bunga Anggrek mempunyai huruf iri hati.
3. Bunga Mawar mempunyai huruf angkuh dan iri.
Baca Juga :

Soal Perguruan Tinggi Swasta Kelas 3 Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan dan Pembahasannya

Bersikap baik sungguh dianjurkan. Bersikap baik kita laksanakan terhadap insan , flora , dan hewan. Dengan bersikap baik , kita pun akan mendapatkan kebahagiaan.
Jika kita bersikap baik terhadap flora maka flora akan menyediakan banyak faedah pada kita.Salah satu perilaku baik yakni mendoakan yang bagus untuk orang lain.
Demikian Rangkuman Materi Pembelajaran Tematik Kelas 3 Tema 2 Subtema 1 Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia. Rangkuman ini disadur dari buku siswa kelas 3 tema 2 edisi revisi 2018.
Semoga bermanfaat.
 
Rangkuman Kelas 3 Tema 2 Menyayangi Hewan dan TumbuhanRating: 4.5Diposkan Oleh: muslimah

Posted

in

by

Tags: