Pemahaman Pancasila


Pancasila, yang mempunyai arti lima dasar atau lima asas, adalah nama dasar Negara Republik Indonesia. Istilah Pancasila sudah diketahui sejak zaman Majapahit pada masa XIV,yaituterdapat dalam buku Nagarakertagama karangan Prapanca dan buku Sutasoma karangan Tantular. Dalam buku Sutasoma istilah Pancasila di samping mempunyai arti berbatu sendi yang kelima (dari bahasa Sansekerta, juga mempunyai arti pelaksanaan kesusilaan yang lima (Pancasila Krama).
Pancasila secara etimologis, Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta yang terdiri dari kata Panca dan Syila, Panca artinya lima dan Syila artinya ganjal atau dasar. Makara Pancasila artinya lima dasar (aturan) yang harus ditaati dan dilaksanakan. Didalam agama Budha juga terdapat istilah Pancasila yang ditulis dalam bahasa Pali ialah “Pancha Sila” yang artinya lima larangan atau lima pantangan selaku berikut :
1.     Tidak boleh melaksanakan kekerasan.
2.     Tidak boleh mencuri.
3.     Tidak boleh berjiwa dengki.
4.     Tidak boleh berbohong.
5.     Tidak boleh mabuk minuman keras atau obat-obatan terlarang.
Pengertian Pancasila secara terminologis, ungkapan Pancasila dipergunakan oleh Ir.Soekarno yang dicetuskan dalam pidatonya didepan sidang BPUPKI (Dokuritsu Ziumbi Tyoosakai) pada tanggal 1 Juni 1945. Pancasila adalah dasar Negara Indonesia yang ialah identitas Negara Indonesia dan tidak dimiliki oleh negara lain.
Pengertian Pancasila secara Historis, proses perumusan Pancasila diawali dikala dalam sidang BPUPKI pertama dr. Radjiman Widyodiningrat, mengajukan suatu problem, khususnya akan dibahas pada sidang tersebut. Masalah tersebut yaitu tentang suatu calon rumusan dasar negara Indonesia yang mau dibentuk. Kemudian tampilah pada sidang tersebut tiga orang pembicara ialah Mohammad Yamin, Soepomo dan Soekarno.Pada tanggal 1 Juni 1945 di dalam siding tersebut Ir. Soekarno berpidato secara ekspresi (tanpa teks) mengenai kandidat rumusan dasar negara Indonesia. Kemudian untuk memberikan nama “Pancasila” yang artinya lima dasar, hal ini menurut Soekarno atas rekomendasi dari salah seorang temannya ialah seorang ahli bahasa yang tidak disebutkan namanya.Pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya, lalu keesokan harinya tanggal 18 Agustus 1945 disahkannya Undang-Undang Dasar 1945 termasuk Pembukaan UUD 1945 di mana didalamnya termuat isi rumusan lima prinsip atau lima prinsip selaku satu dasar negara yang diberi nama Pancasila.
Sejak dikala itulah perkataan Pancasila menjadi bahasa Indonesia dan ialah ungkapan biasa . Walaupun dalam alinea IV Pembukaan UUD 1945 tidak termuat istilah “Pancasila”, tetapi yang dimaksudkan Dasar Negara Republik Indonesia adalah disebut dengan perumpamaan “Pancasila”. Hal ini didasarkan atas interpretasi historis khususnya dalam rangka pembentukan calon rumusan dasar negara, yang secara impulsif diterima oleh akseptor sidang secara bulat.


Posted

in

,

by