Rangkuman Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan Dan Kesatuan Negeriku | Kumpulan Soal Tematik Sd

Rangkuman materi tematik kelas 4 tema 7 subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku sesuai kurikulum 2013 Edisi Revisi terbaru. Rangkuman ini kami buat untuk kelanjutan dari artikel sebelumnya yakni tema 7 subtema 1 san subtema 2 dengan judul yang serupa keberagaman negriku. Kami merangkum poin-poin penting dari materi buku Kelas 4 tema 7 2013 dengn judu Keberagaman Negeriku mudah-mudahan para siswa mengenali materi inti yang terdapat di sebut.

Materi TematiK Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 ini memiliki persyaratan kopetensi yang mesti adik-adik selesaikan selama proses belajar. Adapun Kopetensi Dasar (KD) merupakan selaku Berikut :
Bahasa Indonesia 
3.7 Menggali wawasan gres yang terdapat pada teks.
4.7 Menyampaikan wawasan gres dari teks nonfiksi ke dalam goresan pena dengan bahasa sendiri.

Seni Budaya & Keteramapilan (SBDP)
3.4 Mengetahui karya seni rupa teknik tempel.
4.4 Membuat karya kolase , montase , aplikasi , dan mozaik.
Ilmu Pengetahun Sosial (IPS)
3.2 Mengidentifikasi keanekaragaman sosial , ekonomi , budaya , etnis , dan agama di provinsi lokal selaku identitas bangsa Indonesia serta keterkaitannya dengan karakteristik ruang.
4.2 Menyajikan hasil kenali mengenai keanekaragaman sosial , ekonomi , budaya , etnis , dan agama di provinsi lokal selaku identitas bangsa Indonesia; serta keterkaitannya dengan karakteristik ruang.
Ilmu Pengetahuan Alam
3.3 Mengidentifikasi macam-macam gaya , antara lain: gaya otot , gaya listrik , gaya 
, gaya gravitasi , dan gaya gesekan.
4.3 Mendemonstrasikan faedah gaya dalam kehidupan sehari-hari , umpamanya gaya otot , gaya listrik , gaya magnet , gaya gravitasi , dan gaya gesekan.
Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
1.4 Mensyukuri banyak sekali bentuk keberagaman suku bangsa , sosial , dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan selaku anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.4 Menampilkan sikap kolaborasi dalam banyak sekali bentuk keberagaman suku bangsa , sosial , dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4 Mengidentifikasi banyak sekali bentuk keanekaragaman suku bangsa , sosial , dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4 Menyajikan banyak sekali bentuk keanekaragaman suku bangsa , sosial , dan budaya di Indonesia yang terikat 
persatuan dan kesatuan.
Baik adek-adek berikut merupakan rangkuman Keleas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku

Rangkuman Materi  IPA Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negriku

1. Bagian magnet yang memiliki pesona yang paling memiliki dampak merupakan ujung-ujung magnet atau sering juga disebut kutub magnet

2. Sebuah magnet memiliki dua ujung berlawanan. Ujung magnet biasa disebut kutub. Dua kutub magnet yang bertentangan itu disebut kutub utara (U) dan kutub selatan (S)

3 Jika dua buah magnet didekatkan pada kutub yang serupa , kedua magnet akan tolak menolak. Sebaliknya , kalau dua buah magnet didekatkan pada kutub yang berlawanan , kedua magnet tersebut akan tarik menarik.

4. Interaksi dua buah magnet (misalnya dengan didekatkan) akan membuat gaya. Gaya itu disebut gaya magnet. Makara , gaya magnet merupakan gayayang dihasilkan ketika dua magnet atau lebih salingberinteraksi.

5. Gaya magnet sanggup dimanfaatkan , umpamanya dalam pengerjaan kompas. Kompas merupakan alat penanda arah utara dan selatan. Pada kompas terpasang suatu magnet berupa jarum. Jika ditaruh mendatar , jarum kompasakan senantiasa menunjuk arah utara dan selatan.

6. Gaya gravitasi merupakan gaya yang disebabkan oleh gaya tarik yang dihasilkan oleh bumi. Gaya gravitasi ini akan menyebabkan semua benda yang berada di permukaan bumi senantiasa terpikat menuju bumi.

7.  Semua benda yang kau lemparkan ke atas sanggup dengan gampang hilang lantaran terbang di angkasa. Bahkan , diri kau sendiri sanggup terbang dan susah untuk kembali ke rumah. Oleh lantaran itu , gaya gravitasi sungguh berfaedah lantaran sanggup menahan benda-benda mudah-mudahan tetap berada di bumi.

8. Contoh peristiwa sehari-hari menampilkan gaya gravitasi merupakan jatuhnya buah yang telah matangdari dahan pohon ke tanah.

9.  Gaya gesek merupakan gaya bertentangan arah yang dihasilkan oleh satu benda ke benda lain  dipengaruhi oleh permukaan benda.  Semakin licin permukaan suatu benda , makin susah benda tersebut untuk dipegang. Sebaliknya , benda memiliki permukaan bernafsu makin gampang untuk dipegang. Kekasaran dan kelicinan permukaan benda memengaruhi nilai gaya gesek yang dihasilkan.

10. Contoh gaya gesek umpamanya gaya gesek antara telapak tangan dengan benda yang dipegang atau gaya gesek antara telapak kaki dengan lantai ketika kita melangkah

Rangkuman Materi  SBdP Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negriku

1. Karya montase , kolase , aplikasi , dan mozaik merupakan karya seni rupa. Keempat jenis karya tersebut dibentuk dengan teknik tempel. Bahan-bahan yang ditempelkan beragam.
2. Montase dibuat dengan menempelkan gambar-gambar yang telah jadi. Gambar-gambar itu sanggup diambil dari majalah bekas , surat kabar , atau media lainnya. Gambar-gambar itu kemudian disusun ulang membentuk gambar adegan gres sesuai yang kita inginkan.

3. Karya kolase dibuat memakai paduan aneka materi (misalnya kertas , kain , kayu).  Aneka materi itu ditempelkan pada permukaan gambar. 

4. Mozaik dibentuk dengan menempelkan potongan-potongan bahan. Dibandingkan kolase , potongan-potongan materi yang ditempelkan lebih kecil. Bahan yang digunakan sejenis , umpamanya kertas saja , beling saja , atau keramik saja. Namun , agar lebih menawan , digunakan macam-macam warna.

5.Karya aplikasi dibuat dengan menempelkan suatu bentuk dari bahan 
tertentu. Karya aplikasi banyak dipraktekkan pada kerajinan kain.

Cara menghasilkan karya montase:
  1. Tentukan tema karya , umpamanya wacana keanekaragaman budaya di Indonesia.
  2. Buatlah konsep karya montase pada selembar kertas.
  3. Carilah gambar-gambar sesuai rancangan. Gambar-gambar sanggup kau dapatkan dari buku bekas , majalah , atau koran bekas.
  4. Guntinglah gambar-gambar yang kau peroleh.
  5. Rekatkan potongan gambar-gambar pada kertas sesuai rancangan.
  6. Jika perlu , lengkapi dengan gambar dengan memakai pensil , kemudian warnailah.

Cara menghasilkan karya kolase:

  1. Buatlah gambar pada selembar kertas sesuai tema yang dipilih.
  2. Siapkan materi untuk kolase , umpamanya kertas , kain , kayu , atau biji-bijian.
  3. Potong-potong materi kolase , kecuali biji-bijian.
  4. Tempelkan potongan-potongan materi pada gambar.

Cara menghasilkan karya mozaik:

  1. Buatlah gambar pada selembar kertas sesuai tema yang dipilih. 
  2. Siapkan materi untuk kolase , umpamanya kertas atau kain.
  3. Potong-potong kertas atau kain menjadi potongan kecil-kecil.
  4. Tempelkan potongan-potongan materi pada gambar.

Cara menghasilkan karya aplikasi:

  1. Siapkan materi untuk aplikasi , umpamanya kain atau kertas (kertas berwarna atau kertas bekas kalender). 
  2. Rancanglah gambar pada selembar kertas sesuai dengan tema yang dipilih.
  3. Potonglah kain atau kertas menjadi bentuk tertentu , umpamanya daun , bunga , binatang , atau bentuk-bentuk lain sesuai dengan gambar rancangan.
  4. Tempelkan potongan bentuk tersebut pada benda yang mau dihias. Tempelkan memakai lem atau dengan menjahit kalau aplikasi memakai kain.

Rangkuman Materi  IPAS  Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negriku

1. Aktivitas ekonomi terdiri atas tiga kepingan , yaitu: bikinan , distribusi , dan konsumsi. Aktivitas ekonomi penduduk Indonesia diadaptasi denganwilayah Indonesia. Sebagai negara kepulauan , wilayah Indonesia termasuk wilayah daratan dan perairan. 

Aktivitas Ekonomi di Bidang Pertanian

Banyak penduduk Indonesia melaksanakan aktivitas pertanian. Dengan mencermati keadaan geografis Indonesia , aktivitas pertanian dibedakan menjadi pertanian lahan berair dan pertanian lahan kering. Pertanian lahan basah  memerlukan banyak air , umpamanya sawah irigasi dan sawah lebak. Pertanian lahan kering memerlukan sedikit air , umpamanya tegalan dan perkebunan.

Aktivitas Ekonomi di Bidang Peternakan

Di Indonesia banyak aktivitas peternakan diatur penduduk atau tubuh usaha. Aktivitas tersebut berupa peternakan unggas , peternakan binatang kecil , dan peternakan binatang besar. Beragamnya aktivitas ini menawarkan hasil ternak melimpah. Selanjutnya , hasil ternak sanggup dimakan oleh masyarakat.

 Jenis binatang yang dibudidayakan selaku berikut.

  • a. Peternakan unggas , termasuk ayam , itik , burung , dan angsa.
  • b. Peternakan binatang kecil , termasuk kelinci , kambing , dan domba.
  • c. Peternakan binatang besar , termasuk sapi , kerbau , dan kuda.

Hasil peternakan tersebut termasuk telur , daging , kulit , susu , dan bulu. Tidak  cuma untuk dimakan penduduk , hasil ternak juga sanggup dimasak menjadi  banyak sekali kerajinan. Kerajinan dari hasil peternakan umpamanya tas , sepatu , sandal , jaket , sarung tangan , dan kok (bola bulutangkis).

Aktivitas ekonomi di Bidang Peternakan

Aktivitas perikanan dikelompokkan menjadi perikanan tangkap dan perikanan akal daya. Aktivitas perikanan tangkap dilaksanakan oleh nelayan dengan cara menangkap ikan di laut. Dahulu nelayan mengandalkan angin untuk menggerakkan perahu. Nelayan mempergunakan angin darat untuk pergi melaut dan angin maritim untuk kembali ke daratan. Kini nelayan sudahmenggunakan mesin penggagas kapal (motor) untuk menggerakkan perahu.

Aktivitas perikanan akal daya dilaksanakan di darat atau di perairan payau. Budi daya ikan di darat dilaksanakan di kolam , sungai , sawah (mina padi) , waduk (bendungan) , atau danau. Contohnya akal daya ikan lele , mas , nila , dan mujair. Budi daya ikan di perairan payau dilaksanakan di tambak di pesisir pantai.

Aktivitas Ekonomi di Bidang kehutanan

Kawasan hutan Indonesia mengandung keanekaragaman sumber daya hayati. Belum lagi potensihasil hutan yang terdiri atas hasil hutan kayu dan hasil hutan nonkayu   (misalnya: kina , karet , damar , dan sagu). Potensi ini membuat Indonesia selaku negara pengekspor kayu. Bagi Indonesia , hasil ekspor kayu menjadi salah satu sumber pendapatan negara. Tidak cuma menampilkan faedah irit , hutan juga mempunyai fungsi lain. Adapun fungsi hutan yakni selaku penyimpan cadangan air tanah , penyeimbang iklim , serta tempat habitat tanaman dan fauna. Bahkan , wilayah hutan juga dimanfaatkan untuk objek wisata.

Rangkuman Materi  PPKnIndahnya Persatuan dan Kesatuan Negriku

1. Negara Republik Indonesia memiliki keanekaragaman tabiat , budaya , dan agama. Salah satu sikap kita untuk menjaga persatuan dan kesatuan merupakan sikap toleransi dan saling menghormati. Salah satu perwujudannya kita dilarang mencibir sobat yang berlawanan agama. Tidak mengusik sobat yang sedang beribadah. 

2. Sikap lain yang mesti dilaksanakan yakni menghargai kebudayaan dberbagai wilayah di Indonesia. Negara kita kaya akan banyak sekali kebudayaaan daerah. Kita boleh membanggakan kebudayaan wilayah sendiri. Namun , kita juga mesti menghargai dan ikut melestarikan kebudayaan wilayah lain.

2. Makara , untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI , bagaimana sikap kita? Kita mesti saling menghargai , menghormati , dan menyayangorang lain walaupun berlawanan agama , suku , dan budaya. Sikap itulah yang mesti senantiasa kita tanamkan pada diri kita.

2. Toleransi berasal dari bahasa Latin , tolerare yang artinya dengan sabar membiarkan sesuatu. Toleransi sanggup diartikan selaku sikap terbuka yang menghargai segala perbedaan yang ada dengan sesama manusia. Bersikap toleransi memiliki arti bersikap sabar , menahan diri , serta menghargai dan berhati lapang terhadap orang-orang yang memiliki perbedaan pendapat. Bentuk sikap toleransi terhadap keanekaragaman suku , budaya , agama , ras , dan gender.

4. Teloransi Beragama.  Kebebasan beragama dijamin dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 , utamanya pasal 29 ayat (2) yang berbunyi ”Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu”. Dengan adanya jaminan kemerdekaan beragama tersebut , segenap warga negara Indonesia hendaknya berbagi sikap toleransi antarumat beragama. Sikap toleransi antarumat beragama sanggup diwujudkan dalam bentuk langkah-langkah menyerupai berikut.

  1. Tidak mencibir agama yang diyakini orang lain.
  2. Tidak memaksakan agama terhadap orang lain.
  3.  Menghormati agama yang diyakini orang lain.
  4. Beribadah dengan baik sesuai aliran agama yang dianut.
  5. Hormat menghormati dan saling melakukan pekerjaan sama antarumat beragama.
  6. Memberi peluang terhadap pemeluk agama lain untuk beribadah.
  7. Menjaga kerukunan antarumat beragama , intern umat beragama , dan 
5. Toleransi dalam Keragaman Suku dan Ras. Sikap toleran dalam keanekaragaman suku dan ras sanggup kita tunjukkan dalam bentuk sikap dan sikap baik terhadap siapa pun tanpa membedakan suku dan ras mana pun. Selain itu , kita senantiasa menghargai dan menghormati harkat dan martabat setiap insan dengan berbagi semangat persaudaraan dan menjunjung nilai-nilai kemanusiaan. Dalam pergaulan sehari-hari , kita mesti sanggup menemukan suku-suku dan ras bangsa lain. 
6. Toleransi dalam Keragaman Sosial Budaya. Bersikap toleran demi menjaga keanekaragaman sosial budaya dalam bentuk tindakan menyerupai berikut.
  1. Bangga terhadap kebudayaan dalam negeri.
  2. Menyaring budaya ajaib yang masuk Indonesia. 
  3. Mengetahui dan senantiasa mencari informasi keanekaragaman budaya bangsa Indonesia.
  4. Menghormati kalangan lain yang melakukan kebiasaan sosial dan tabiat istiadatnya.
  5. Menghargai hasil kebudayaan suku bangsa lain.
  6. Mempelajari dan menguasai seni budaya bangsa sesuai minat dan kesenangannya. 
  7. Melestarikan dan berbagi banyak sekali jenis seni tradisional seperti  seni tari , seni musik , dan seni pertunjukan.
7. Toleransi dalam Keragaman Gender dan Mengembangkan Kesetaraan Gender. Adapun sikap yang sanggup dikembangkan dalam menghormati keanekaragaman gender merupakan selaku berikut :
  1. Tidak membeda-bedakan pria dan wanita dalam berteman.
  2. Memberikan hak yang serupa antara pria dan perempuan.
  3. Tolong-menolong tanpa membedakan jenis kelamin..
Demikinalah Rangkuman Kelas 4 Tema 7 Subtema 3  Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku mudah-mudahan rangkuman ini menampilkan menfaat bagi siapa pun yang membaca dan menggunkan rangkuman ini untuk aktivitas mengajar dan belajar.
Pencarian terkait :
  • Rangkuman kelas 4 tema 7 subtema 3
  • Kelas 4 tema 7 subtema 3
  • Buku kelas 4 tema 7 subtema 3
  • Indahnya keberagaman negriku
Rangkuman Kelas 4 Tema 7 Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Rating: 4.5Diposkan Oleh: muslimah

Posted

in

by