Rangkuman Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Bumiku Semester 2 | Kumpulan Soal Tematik Sd

Rangkuman tema 8 kelas 6 subtema 3 Bumiku . Merupakan dari kelanjutkan pembahasan yang sebelumnya  perihal rangkuman bahan kelas 6 tema 8  yakni Rangkuman Materi Tema 8 Kelas 6 Subtema 1 dan rangkuman bahan kelas 6 subtema 2 Bumiku. Di mana bahan tema 8 kelas 6 subtema 3 bumiku ini  ini disusun sesuai dengan isi dari Buku Siswa dan Buku Guru Kelas 6 tema 8 Bumiku. 

Rangkuman Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Bumiku  Semsester 2

Rangkuman Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Bumiku  Semsester 2 mengacu pada Kopetasi Dasar yang mesti di kuasai para siswa pada bahan kelas 6 tema 8 subtema 3. Adpun kopetensi dasaranya yakni sbb.


Bahasa Indonesia
3.7 Memperkirakan informasi yang sanggup diperoleh dari teks nonfiksi sebelum membaca (hanya 
berdasarkan membaca judulnya).
4.7 Menyampaikan kemungkinan informasi yang diperoleh menurut membaca judul teks nonfiksi.
Ilmu Pengetahuan sosial
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya , ekonomi , politik di wilayah ASEAN. 
4.1 Menyajikan hasil kenali karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya , 
ekonomi , dan politik di wilayah ASEAN.
PKN
1.2 Menghargai makna keharusan , hak , dan tanggung jawab selaku warga negara dalam melaksanakan agama.
2.2 Melaksanakan keharusan , hak , dan tanggung jawab selaku warga negara selaku wujud cinta tanah air.
3.2 Menganalisis pelaksanaan keharusan , hak , dan tanggung jawab selaku warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan keharusan , ha , dan tanggung jawab selaku warga penduduk beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
Ilmu wawasan Alam
3.8 Menjelaskan tragedi rotasi dan revolusi Bumi serta 
terjadinya gerhana bulan dan gerhana Matahari.
4.8 Membuat versi gerhana bulan dan gerhana Matahari.

Rangkuman Materi PKn Tema 8 Kelas 6 Subtema 3 Bumiku

Kewajiban yakni sesuatu yang mesti dijalankan atau dilaksanakan.
Kewajiban anak di rumah antara lain:
a. Turut serta dalam mempertahankan kebersihan rumah.
b. Mematuhi peraturan yang berlaku di rumah
c. Mendengarkan dan mematuhi pesan yang tersirat orang tua
d. Saling menghormati dan mencintai seluruh anggota keluarga.
e. Belajar dengan sangat sungguh
f. Merapikan tidur tidur sendiri.
g. Berpamitan terhadap orang bau tanah sebelum berpergian.
h. Menjalankan perintah agama sesuai dengan agama dan kepercayaan.
i. Berbicara sopan/santun terhadap seluruh anggota keluarga.
j. Selalu mempertahankan nama baik keluarga.
Hak yakni sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaannya tergantung pada kita sendiri.
Hak anak di rumah , antara lain:
a. Mendapat kasih sayang dari seluruh anggota kelurga.
b. Memperoleh bantuan dari orang tua.
c. Memperoleh kebebebasan untuk beraktivitas.
d. Mendapatkan pendidikan agama dan ilmu yang lainnya.
e. Memperoleh tutorial dalam kebaikan.
f. Menentukan hidup di saat sudah dewasa.
g. Memperoleh penghidupan yang layak.
h. Memperoleh kesehatan.
i. Hak untuk bermain dan bereksplorasi pada dunianya.
j. Hak untuk mendapatkan makan dan minum.
Hak kita di saat berkunjung di tempat rekreasi , antara lain:
a. Memperoleh pelayanan yang bagus atau prima dari petugas.
b. Menikmati fasilitas dan prasana yang ditawarkan di tempat wisata.
c. Memperoleh wahana rekreasi yang menggembirakan dan bermutu.
Kewajiban kita di saat berkunjung di tempat rekreasi , antara lain:
a. Turut mempertahankan kebersihan dan kerapian tempat wisata.
b. Ikut serta mempertahankan ketertiban di saat mengantre untuk berbelanja tiket wahana wisata.
c. Menjaga fasilitas dan prasarana yang diberikan di tempat wisata.

Rangkuman Materi IPA Tema 8 Kelas 6 Subtema 3 Bumiku

Gerhana Matahari

Gerhana matahari terjadi pada siang hari di saat bulan gres atau bulan mati. Gerhana matahari terjadi di saat Bulan , Bumi , dan Matahari dalam satu garis lurus. Kedudukan Bulan berada di antara Bumi dan Matahari. Kedudukan tersebut menyebabkan cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan.

Karena terhalang oleh Bulan , kondisi yang terang berangsur-angsur menjadi gelap. Saat terjadi gerhana matahari , bayangan Bulan akan menutupi Bumi. Oleh alasannya yakni Bulan lebih kecil ketimbang Bumi , cuma sebagian tempat saja yang mengalami gerhana matahari.Ada tiga jenis gerhana matahari , yakni gerhana matahari total , gerhana matahari sebagian , dan gerhana matahari cincin. 
Gerhana matahari total cuma terjadi di permukaan bumi yang terkena bayangan umbra Bulan. Gerhana matahari total senantiasa diawali dan diakhiri oleh gerhana matahari sebagian. Gerhana matahari sebagian terjadi di permukaan Bumi yang terkena bayangan penumbra Bulan. Adapun gerhana matahari cincin terjadi di permukaan Bumi yang terkena lanjutan bayang-bayang inti. Hal itu terjadi alasannya yakni Bulan berada pada titik terjauhnya dari Bumi.

Gerhana Bulan

Gerhana bulan ialah sebuah tragedi yang terjadi dimana kedudukan matahari , bumi , dan bulan berada pada satu garis lurus , sehingga bayangan Bumi menutupi sebagian ataupun keseluruhan Bulan. Proses terjadinya gerhana bulan ini dimulai di saat Bumi berada di antara Matahari dan juga Bulan pada satu garis yang sama. Hal ini menyebabkan sinar Matahari tidak hingga ke Bulan alasannya yakni terhalang oleh Bumi. 

Gerhana bulan ini sanggup terjadi alasannya yakni pada di saat Bumi berada di antara Matahari dan juga Bulan dalam posisi sejajar menyerupai yang sudah diterangkan sebelumnya. Pada hal demikian Bumi akan membatasi sinar Matahari yang menuju ke Bulan , sehingga permukaan Bulan akan tertutupi oleh bayangan Bumi.Proses terjadinya gerhana bulan ini lebih usang bila dibandingkan dengan Matahari , walaupun perbedaan waktunya cuma beberapa menit saja. Seperti halnya gerhana matahari , proses terjadinya gerhana bulan ini selaku berikut. 

  1. Dimulai di saat Bulan yang bersinar terang tibatiba tertutupsedikit demi sedikit oleh bayangan hitam. Bayangan hitam tersebut yakni bayangan dari Bumi.
  2. Setelah itu lama-kelamaan Bulan yang lingkaran akan tertutup kian banyak hingga Bulan cuma terlihat sebagian dan kian usang Bumi akan terlihat menyabit.
  3. Setelah Bumi menyabit , lama-kelamaan Bulan akan terlihat menghilang alasannya yakni tertutup oleh bayangan Bumi. Saat inilah kita tidak sanggup menyaksikan Bulan , Bulan menyerupai menghilang.
  4. Setelah Bulan tertutup semua dan terlihat menyerupai menghilang , kemudian kita akan menyaksikan Bulan kembali timbul dari arah pertama kali Bulan menghilang. Munculnya Bulan ini dimulai dari bentuk Bulan sabit , sehabis itu Bulan tersebut kian usang akan kian terlihat setengah , dan kian usang akan kian utuh sehingga terlihat menyerupai semula.

Kalender Masehi dan Kalender Hijriah

Perputaran Bumi mengelilingi Matahari (revolusibumi) dan perputaran Bulan mengelilingi Bumi (revolusibulan) digunakan untuk menyeleksi tahun Masehi dan tahun Hijriah. Sistem penanggalan Masehi diputuskan menurut kala revolusi bumi. Sistem penanggalan Hijriah diputuskan menurut kalarevolusi bulan.
1. Tahun Masehi
Tahun Masehi juga disebut tahun Syamsiah atau tahun Matahari. Tahun Masehi diputuskan menurut kalarevolusi bumi(waktu yang diperlukanBumi untuk sekali mengelilingi Matahari). Kala revolusi bumi yakni 365 14 hari. Satu tahun Masehi dibagi menjadi 12 bulan.
2. Tahun Hijriah
Tahun Hijriah juga disebut tahun Komariyah atau tahun Bulan. Tahun Hijriah diputuskan menurut kala revolusi bulan (waktuvyang diinginkan Bulan untuk sekali mengelilingi Bumi).Kala revolusi bulan yakni 29 12 hari sehingga jumlah hari dalam satu tahun = 29 12 hari x 12 = 354 hari. Satu tahun Hijriah dibagi menjadi 12 .

Rangkuman Materi IPS Tema 8 Kelas 6 Subtema 3 Bumiku

Laos

Keadaan Alam 
Laos ialah satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak  memiliki batas dengan laut.Wilayah Laos bergununggunung. Sungai Mekong ialah sungai utama. Daerah pertanianterpentingterletak di lembah Sungai Mekong. Laos diselimuti hutan lebat.Laos jugamemiliki dataran tinggi dan beberapa dataran rendah.
Hasil Utama 
Hasil tanamanpangan utama Laos yakni pada dan jagung. Hasil hutan utama berupa kayu jati. Barang ekspor utama Laos antara lain kopi , kapur barus , dan kulit binatang. Barang impornya khususnya minyak bumi , mesin-mesin , dan beras.

Filipina 

Keadaan Alam 
Filipina merupakanbnegara kepulauan.Sebagian besar wilayah Filipina berupa pegunungan. Gunung api yang terdapat di Filipinaantara lain Gunung Mayon , Gunung Taal , dan Gunung Pinatubo. Sekira 40% wilayah Filipina berupa hutan. Hasil hutan yang menonjol antara lainkayu bonian , kayu cedar , kayu eboni , kayu pinus , dan kayu mahoni. 
Hasil Utama 
Sebagian besar penduduk Filipina bermata pencaharian selaku petani. Hasil pertanian utama , antara lain pisang , jeruk , kelapa , kopi , tembakau , dan tebu. Tanaman pangan utama yakni padi dan jagung. Hasil ternak utama yakni sapi perah. Hasil tambangnya khususnya emas , perak dan tembaga. Hasil industri utamanya yakni tekstil , kertas , dan gula. 

Reklame

Reklame yakni media periklanan dan pemberitaan. Reklame berniat menyebabkan informasi terhadap khalayak ramai wacana sebuah produk atau pesan lain. Reklame dibentuk dengan maksud menarikperhatian masyarakat. 
Reklameyang baik bukan sekadar menawan perhatian khalayak ramai. Isi reklame mesti sanggup menggerakkan kehendak orang untuk berbelanja produk yang direklamekan. Beberapa pola reklame yakni :
1. Iklan 
Pemberitahuan terhadap khalayak perihal barang atau jasa yang dijual , dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum

2. Spanduk
Spanduk yakni kain rentang yang berisi slogan , propaganda , atau info yang perlu dimengerti umum.

3. Brosur
Brosur ialah reklame yang dibentuk pada selembar kertas dengan isi informasi yang 
lebih rinci dan terperinci , disampaikan dengan cara disebarluaskan secara eksklusif biar dibaca dan  dipahamikonsumen/target.

4. EmbalaseEmbalase yakni jenis reklame yang diposisikan eksklusif pada bungkus produk , berfungsi selaku pesona , pemberitahuan , informasi wacana produk tersebut.


5. PosterPoster yakni jenis reklame berupa selembaran kertas yang berisi gambar dan goresan pena yang dibentuk semenarik mungkin dan diposisikan dengan cara ditempel di tempat-tempat lazim yang strategis.

6. BalihoBaliho yakni jenis reklame yang berisi gambar/tulisan menarikdaninformatifdengan ukuran besar , diposisikan di tempat lazim dan strategis menggunakan tiang besar dan berefek dan bersifat semi permanen.

Untuk rangkuman tema 8 subtema 3 sanggup adik adik unduh di tautan yang ada di bawah ini.Rangkuman tema 8 kelas 6 subtema 1 klik di siniRangkuman tema 8 kelas 6 subtema 2 klik di sini Demikianlah Rangkuman Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Bumiku Semsester 2 Mungkin cuma ini yang sanggup kami bagikan Semoga berharga untuk adik adik khususnya.

Sumber rangkuman : Buku kelas 6 tema 8 Bumiku kementrian pendidikan dan kebudayaan nasional.

Pencarian terkait :
  • Materi kelas 6 tema 8 subtema 3 bumiku
  • kelas 6 tema 8 subtema 3
  • bumiku
  • rengkuman bahan kelas 6
  • Rangkuman Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Bumiku  Semsester 2
Rangkuman Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Bumiku Semester 2Rating: 4.5Diposkan Oleh: muslimah

Posted

in

by