Kumpulan 18+ Teladan Soal Essay Teks Pidato Persuasif : Bahasa Indonesia Kelas Ix

Pada peluang kali ini admin akan membagikan kumpulan pola soal Essay materi teks pidato persuasif dilengkapi dengan kunci balasan modern dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX revisi modern. Semoga apa yang admin bagikan kali ini mampu menolong Bapak, Ibu Guru, dan peserta latih dalam mencari acuan seputar teladan soal teks pidato persuasif.

 Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal Essay materi teks pid Kumpulan 18+ Contoh Soal Essay Teks Pidato Persuasif : Bahasa Indonesia Kelas IX

Gambar: pixabay.com

1. Apakah yang dimaksud dengan teks pidato persuasif!
Jawaban:
Pidato persuasif merupakan pidato yang berusaha untuk membujuk secara halus atau mengajak pendengar dengan memberikan pendapat, ide, dan alasan yang jelas, masuk akal , dan mampu dipertanggung jawabkan kebenarannya.

2. Sebutkan tujuan dari pidato persuasif!
Jawaban:
1) Pidato disampaikan untuk memperlihatkan pengertian atau berita penting yang harus diketahui oleh khalayak.
2) Pidato disampaikan untuk meyakinkan pendengar dengan cara bahasa yang argumentatif.
3) Pidato disampaikan agar orang lain merasa senang dengan bahasan yang menghibur atau rekreatif.
4) Pidato bisa memperlihatkan pengaruh pada orang lain supaya bersedia untuk mengikuti kemauan yang dikehendaki oleh orator secara sukarela (persuasif).

3. Tuliskan 4 tindakan menyimpulkan teks pidato persuasif.
Jawaban:
1) Mendengarkan (menyimak) isi pidato persuasif
2) Menentukan topik pidato persuasif
3) Mencatat butir-butir penting dalam pidato persuasif
4) Menyimpulkan pemikiran , persepsi atau pesan dalam pidato persuasif.

5. Sebutkan jenis-jenis teks pidato persuasif!
Jawaban:
1) Pidato pembukaan, merupakan pidato singkat yang dibawakan oleh pembawa program atau MC.
2) Pidato pengarahan, ialah pidato untuk memberi pengarahan pada suatu konferensi. Biasanya pidato ini dilaksanakan oleh ketua RT, ketua RW, atau ketua panitia dalam acara rapat warga atau rapat panitia suatu aktivitas.
3) Pidato sambutan, ialah pidato yang disampaikan oleh seorang ketua, baik ketua panitia ataupun pemimpin suatu penduduk mirip ketua RT, RW, dan lain-lain. Kepada pengunjung atau penduduk pada sebuah acara aktivitas atau insiden tertentu yang dapat dikerjakan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
4) Pidato pelantikan, merupakan pidato yang dilaksanakan oleh orang yang kuat untuk meresmikan sesuatu. Biasanya ini dilakukan oleh pejabat pemerintah atau tokoh penduduk dalam peresmian bangunan, gedung, dan lain-lain.
5) Pidato laporan, merupakan pidato yang isinya menyampaikan laporan atas sebuah tugas atau acara.
6) Pidato pertanggungjawaban yaitu pidato yang berisi sebuah laporan pertanggungjawaban seorang ketua atay pejabat kepada warga penduduk atau orang yang sudah menawarkan amanat dalam melaksanakan suatu acara.[7]

6. Tuliskan 3 struktur teks pidato persuasif dan jelaskan.
Jawaban:

A. Pembukaan

Pembukaan teks pidato persuasif terdiri atas 3 bab, yakni salam pembuka, ucapan penghormatan, dan juga ucapan syukur.
1) Salam pembuka disesuaikan dengan situasi (waktu) dan latar belakang pendengar (audiens) yang hadir. Kamu bisa memakai salam pembuka, seperti selamat pagi, selamat siang, atau selamat malam tergantung situasi (waktu) dan latar belakang pendengar.
2) Ucapan (sapaan) penghormatan dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan orator kepada pendengar. Dari sisi budpekerti, pendengar yang memiliki tingkatan sosial atau usia yang lebih tinggi diberikan ucapan (sapaan) penghormatan lebih dahulu.
3) Ucapan rasa syukur ialah salah satu wujud rasa syukur terhadap Tuhan atas semua anugerah yang telah dilimpahkan kepada hamba-Nya.

B. Isi Pidato

Isi ialah bab inti pidato. Pendapat, pemikiran , argumentasi, banyak sekali data pendukung, dan pesan berbentukimbauan atau undangan disampaikan orator pada bagian ini. Orator menjelaskan secara jelas ihwal hal-hal yang terkait dengan pendapat, ide, atau pesan yang ingin disampaikan.

C. Penutup Pidato

Penutup Pidato merupakan bab selesai sebuah pidato. Dalam pidato persuasif, bagian penutup berisi hal-hal berikut ini.
1) Harapan supaya ide dan pesan yang disampaikan berfaedah bagi pendengar.
2) Permohonan maaf kepada pendengar bila ada kesalahan dan kukhilafan.
3) Ucapan terima kasih terhadap pendengar.
4) Salam penutup.

7. Apakah yang dimaksud dengan membaca naskah dalam teks pidato persuasif!
Jawaban:
Metode ini merupakan sistem di mana orang yang menyampaikan pidato membaca naskah pidato yang sudah disiapkan sebelumnya. Naskah tersebut disusun, kemudian dibaca lengkap dari permulaan hingga selesai pidato. Metode pidato ini biasa digunakan dalam menyampaikan pidato formal dan resmi, mirip pidato kenegaraan, sambutan pemerintah, atau laporan dari forum resmi.

8. Tuliskan 6 ciri kebahasaan teks pidato persuasif dan jelaskan.
Jawaban:
1) Menggunakan kalimat aktif
Teks pidato mengunakan kalimat aktif yaitu kalimat yang subjeknya aktif melaksanakan aktivitas atau aktivitas.
2) Menggunakan kata peran
Teks pidato memakai kata tugas ialah sejenis kategori kata dalam tata bahasa Indonesia yang terdiri atas kata depan,kata sambung ,kata sandang,atau kata seru.
3)Kosa kata emotif
Kosakata yang berafiliasi dengan emosi (perasaan) yang bisa membuat pendengar tersentuh emosinya saat menyimak atau membaca.   
4) Menggunakan kosa kata bidang ilmu(perumpamaan)
Teks pidato persuasif memakai kosa kata bidang ilmu (ungkapan)ialah kosa kata yang lazim di gunakan dalam bidang keilmuan.
5)Menggunakan sinonim
Sinonim yaitu satu kata dengan bentuk yang berlawanan namun memiliki arti yang seperti atau sama.
6) Mengunakan kata benda absurd
Teks pidato persuasif abstrak adalah kata yang sifatnya abstrak (tanpa wujud)alasannya adalah tak bisa di tangkap panca indra.

9. Sebutkan pemahaman tata cara memoriter dalam teks pidato persuasif!
Jawaban:
Metode ini tidak perlu membawa naskah atau teks yang lain alasannya penyampai pidato menghapal seluruh isi pidato. Naskah pidato juga dipersiapkan sebelumnya, namun tidak dibawa dikala berhadapan dengan publik. Pidato dengan sistem ini biasa dipakai di kelompok pelajar atau orator publik pemula. Di golongan pelajar, pidato tata cara menghapal ditujukan untuk proses pembelajaran. Metode menghapal juga dipraktekkan dalam banyak sekali lomba pidato. Keunggulannya adalah lancar jikalau benar-benar hafal, tidak ada yang salah kalau betul-betul hafal, dan mata pembicara mampu memandang pendengar. Kelemahannya adalah pembicara condong mengatakan cepat tanpa penghayatan, tidak mampu menyesuaikan dengan situasi dan reaksi pendengar, dan bila lupa pidatonya gagal total.

10. Tuliskan 1 contoh penggunaan kata tugas dalam suatu kalimat!
Jawaban:
Marilah kita jaga dan rawat bersama supaya nilai kesetiakawanan sosial itu bisa terus berkembang dan meningkat di tengah tantangan perubahan zaman yang mustahil kita hindari.
Keterangan:
a. Kata tugas preposisi: di
b. Kata tugas konjungsi: dan, biar, dan itu
c. Kata peran/kata sandang: yang

11. Jelaskan pemahaman tata cara impromtu dalam teks pidato persusif!
Jawaban:
Impromptu ialah sistem penyampaian pidato tanpa persiapan naskah, catatan kecil, atau menghapal sebelumnya. Penyampaiannya bersifat dadakan. Penyampai pidato eksklusif mengatakan sesuai apa yang ia tahu dan terlintas di benaknya. Metode ini cuma bisa disampaikan oleh orang yang memiliki jam melayang tinggi selaku orator. Ia sudah biasa dan profesional dalam menyampaikan pikiran di hadapan publik. Keunggulannya yaitu hidangan bahan pidato terasa lebih segar dan menarik. Kelemahannya ialah pidato tidak lancar dan kacau bagi pembicara pemula dan kemungkinan gagal memberikan isi pidato dengan baik cukup besar. 

12. Tuliskan 5 tindakan dalam menyusun teks pidato persuasif!
Jawaban: 

1) Memilih dan menentukan topik yang hendak di tulis, usahakan kamu memilih dan menentukan topik yang betul-betul kamu kuasai supaya kamu tidak kehabisan bahan utama mengembangkannya menjadi suatu  teks yang utuh 

2) Menentukan tujuan pidato persuasif, pidato persuasif mempunyai tujuan menyampaikan pertimbangan , persepsi, ide, atau pesan dengan alasan yang berpengaruh dan meyakinkan sehingga mampu memengaruhi, membujuk , atau mengajak pendengar sesuai dengan topik  dan isi pidato. Dengan tujuan yang terang

3) Mengumpulkan data  untuk mendukung argumen (argumentasi). Data, baik berbentukfakta, pola , bukti , maupun usulan pakar perlu di kumpulkan sebanyak- banyak nya semoga teks pidato persuasif benar – benar dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya sehingga bisa memengaruhi, membujuk, atau mengajak pendengar dengan topik pidato 

4) Menyusun kerangka pidato, sehabis topik, tujuan, dan data, langkah selanjutnya yang perlu kau kerjakan yaitu menyusun kerangka pidato. Kerangka tulisan dimaksudkan sebagai teladan
Pengembangan wangsit sehingga tidak menyimpang dari kerangka yang telah di susun. Selain itu, hal tersebut juga di maksud kan semoga teks pidato persuasif mampu tersusun secara runtut dan sistematis.

5) Pembahasan dengan berbagi kerangka pidato, menurut kerangka pidato yang telah di susun, kau dapat mulai melangkah untuk berbagi nya menjadi teks pidato persuasif yang utuh dan lengkap.

13. Tuliskan bagian-bagian pembukaan dalam teks pidato persuasif dan jelaskan ketiga bagian tersebut!
Jawaban:
1) Salam pembuka disesuaikan dengan situasi (waktu) dan latar belakang pendengar (audiens) yang datang. Kamu mampu memakai salam pembuka, mirip selamat pagi, selamat siang, atau selamat malam tergantung situasi (waktu) dan latar belakang pendengar.
2) Ucapan (sapaan) penghormatan dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan orator terhadap pendengar. Dari sisi adab, pendengar yang mempunyai tingkatan sosial atau usia yang lebih tinggi diberikan ucapan (sapaan) penghormatan lebih dulu.
3) Ucapan rasa syukur ialah salah satu wujud rasa syukur terhadap Tuhan atas semua anugerah yang telah dilimpahkan kepada hamba-Nya.

14. Tuliskan dan jelaskan langkah awal dalam menyimpulkan teks pidato persuasif!
Jawaban:
Langkah pertama yang perlu kamu kerjakan, yaitu menyimak (menyimak) isi pidato dengan saksama. Agar bisa mendengarkanisi pidato dengan baik, kau perlu membiasakan diri untuk memusatkan perhatian pada isi yang sedang disimak. Jangan sampai kehilangan konsentrasi dan kehilangan konsentrasi (sentra perhatian) yang mampu menciptakan pikiranmu terganggu. Jika menyimak pidato secara eksklusif, jangan lupa untuk memperhatikan gerak-gerik, roman, dan bahasa badan sang orator. Hal ini dimaksudkan semoga kita betul-betul dapat menangkap dan mengerti setiap kata yang disampaikan oleh orator.

15. Tuliskan dan jelaskan langkah kedua dalam menyimpulkan teks pidato persuasif.
Jawaban:
Langkah kedua adalah menentukan topik pidato persuasif. Meskipun topik pidato tidak disampaikan secara eksklusif oleh orator, kau tetap mampu memilih garis besarnya. Pidato biasanya berkaitan dengan hal-hal yang menarik dan menyangkut kepentingan orang banyak sehingga bisa menunjukkan ilham dan wawasan baru bagi pendengar. Dengan mengetahui topik pidato, kau akan lebih gampang untuk menangkap hal-hal yang dibahas orator.

16. Tuliskan dan jelaskan langkah ketiga dalam menyimpulkan teks pidato persuasif!
Jawaban:
Langkah ketiga adalah mencatat butir-butir penting dalam pidato persuasif. Seperti yang telah dimengerti bahwa pada dikala menyimak pidato, kau dilarang kehilangan konsentrasi (sentra perhatian) dan mesti benar-benar fokus semoga bisa menangkap maksud yang disampaikan orator. Ketika menyimak, catatlah butir-butir penting yang disampaikan orator. Catatanmu akan sungguh berfaedah ketika hendak menyimpulkan kan isi pidato.

17. Tuliskan dan jelaskan langkah keempat dalam menyimpulkan teks pidato persuasif!
Jawaban:
Langkah keempat yakni menyimpulkan ide, persepsi, atau pesan dalam pidato persuasif. Berdasarkan butir-butir penting yang sudah dicatat, kau bisa merumuskan tamat gagasan, persepsi, atau pesan pidato yang disampaikan oleh orator. Hal-hal yang perlu diamati kan dalam menyimpulkan ide, persepsi, atau pesan pidato yaitu:
a. Memuat seluruh butir penting (pokok) dalam pidato,
b. Tidak menyimpang dari isi pidato,
c. Bukan ialah ringkasan isi pidato, melainkan penafsiran pendengar kepada hal yang disampaikan oleh orator.

18. Buatlah 1 acuan teks pidato persuasif bertema pendidikan!
Jawaban:

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT yang sudah menunjukkan kita potensi untuk dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiyat.

Salawat serta salam semoga tetap tercurah limpah terhadap Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya serta para pengikutnya sampai akhir zaman.
Hadirin yang berbahagia,

Mencari ilmu kewajiban kita selaku umat manusia. Dengan ilmu, kita dapat menjadi lebih berakal, dengan ilmu kita mampu memiliki keterampilan dan wawasan perihal segala macam hal. Dengan ilmu, kita menjadi tahu lebih dan lebih tahu ihwal cara menanggulangi suatu masalah.

Ilmu tidak hanya terbatas hal-hal yang diajarkan di kursi sekolah saja. Banyak ilmu-ilmu lain yang dapat kita pelajari untuk menunjang kehidupan kita, misalnya ilmu mengolah makanan, ilmu bertanam, dan lain sebagainya.

Mencari ilmu tidak cuma terbatas pada acara belajar mengajar di kelas. Ilmu bisa kita dapatkan dari media lain. Semisal buku, koran, internet atau majalah. Luangkanlah waktu kita untuk membaca-baca buku, mengulang kembali pelajaran saat menunggu kendaraan biasa atau ketika waktu istirahat.

Hal itu lebih baik daripada kita memboroskan waktu untuk membuka hal-hal yang bersifat tidak terlalu penting di HP atau ponsel pintar kita.

Selain dari buku, ilmu bisa juga kita dapatkan dari suatu diskusi bareng saudara, sahabat atau orang bau tanah. Dari dialog dengan mereka, kita dapat mengambil suatu pelajaran yang luar biasa. Dari wawasan atau dongeng-kisah mereka di era kemudian.
Hadirin yang saya homati,

Manfaatkanlah waktu kita dengan sebaik-baiknya. Jangan sia-siakan waktumu. Ilmu itu luas, galilah sedalam-dalamnya.

Sekian pidato singkat dari aku, kurang lebihnya mohon maaf. Saya tutup dengan ucapan ..

Wassalamu ‘alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.


Posted

in

by

Tags: