Pola Soal Essay Modern Teks Cerpen – Bahasa Indonesia Kelas Ix Revisi K13

– Pada potensi kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal essay modern bahan teks cerpen dilengkapi dengan kunci tanggapan modern dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX revisi K13. Semoga apa yang admin bagikan kali ini mampu membantu bapak, Ibu Guru, dan penerima asuh dalam mencari referensi seputar teladan soal essay modern materi teks cerpen dilengkapi dengan kunci balasan terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.

 Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal essay terbaru materi  Contoh Soal Essay Terbaru Teks Cerpen - Bahasa Indonesia Kelas IX Revisi K13

Gambar: pixabay.com

1. Tuliskan pemahaman teks cerpen!
Jawaban:
Cerpen merupakan karya sastra berbentuk fiksi. Cerpen yakni sebuh cerita yang selesai dibaca dalam sekali duduk,kira-kira berkisar antara setengah sampai dua jam. Cerpen ialah jenis karya sastra yang berupa prosa naratif fiktif atau fiksi dimana isinya menceritakan atau menggambarkan cerita sebuah tokoh beserta segala konflik dan penyelesaiannya, yang ditulis secara ringkas dan padat. Cerpen juga tergolong teks Tersirat.

2. Tuliskan pemahaman tema, alur, dan penokohan dongeng dalam teks cerpen!
Jawaban:
Tema yakni makna yang dikandung oleh sebuah kisah. Tema merupakan pemikiran dasar umum,dasar cerita sebuah karya yang digunakan untuk membuatkan dongeng.
Alur yaitu kejadian jalin menjalin menurut urutan atau hubungan tertentu, yang menurut urutan waktu, urutan peristiwa, atau kekerabatan alasannya balasan.Penokohan adalah pelukisan gambaran jenis perihal seseorang yang di tampilkan dalam sebuah cerita.

3. Tuliskan pemahaman dan jenis latar dalam teks cerpen!
Jawaban:
Latar yakni landas tumpu, menyaran pada pemahaman tempat, korelasi waktu, dan lingkungan sosial daerah terjadinya peristiwa-insiden yang diceritakan.
a. Latar tempat
Latar daerah menyarankan pada lokasi terjadinya kejadian-insiden yang diceritakan dalam karya fiksi.
b. Latar waktu
Latar waktu berafiliasi dengan persoalan kapan terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam karya fiksi.
c. Latar sosial
Latar sosial menyaran pada bagian-unsur yang bekerjasama dengan perilaku kehidupan sosial penduduk di sebuah daerah yang diceritakan

4. Tuliskan pengertian sudut pandang dalam teks cerpen!
Jawaban:
Sudut pandang ialah cara pandang yang digunakan pengarang selaku fasilitas untuk menghidangkan tokoh, langkah-langkah, latar, dan banyak sekali peristiwa.

5. Tuliskan tindakan menyimpulkan teks cerpen!
Jawaban:
1) Membaca paragraf dengan seksama
2) Menentukan kalimat utama/pokok dalam setiap paragraf
3) Membuat kesimpulan yang berisi hal hal penting

6. Tuliskan 4 struktur teks cerpen dan jelaskan!
Jawaban:
1) Abstrak
Abstrak yakni ringkasan atau inti dari cerpen dan ialah gambaran awal suatu dongeng.
2) Orientasi yaitu hal hal yang berafiliasi dengan waktu, suasana, dan daerah yang ada didalam kisah pendek
3) Komplikasi yakni urutan banyak sekali insiden yang dihubungkan menurut alasannya adalah akibat.
4) Evaluasi yakni struktur konflik yang terjadi dan mengarah pada titik puncak, serta mulai menemukan penyelesaian atau penyelesaian atas pertentangan tersebut.

7. Tuliskan pengertian kalimat deskriptif!
Jawaban:
Penggunaan kalimat deskriptif berfungsi melukiskan atau menggambarkan kondisi dan kejadian dalam cerpen. Penggunaan kalimat deskriptif ini menciptakan pembaca lebih mengetahui alur kisah. Selain itu,kalimat deskriptif bermaksud menciptakan pembaca memahami kejadian yang terjadi dalam cerpen.

8. Tuliskan contoh paragraf penggambaran latar pada kalimat deskriptif!
Jawaban:
Listrik sudah empat tahun masuk kampungku dan telah banyak yang dilakukannya. Kampung seperti menerima injeksi tenaga baru yang membuatnya menggeliat penuh gairah. Listrik memberi kampungku cahaya,musik,es hingga api dan angin. Di kampungku, listrik juga membunuh bulan dan langit. Bulan tidak lagi menarik hati anak-anak. Bulan tidak mampu membuat bayang-bayang pepohonan. Tapi kampung tidak merasa kehilangan bulan. Juga tidak merasa kehilangan tiga laki-laki yang tersengat listrik hingga mati.

9. Tuliskan acuan paragraf penggambaran tokoh dalam kalimat deskriptif!
Jawaban:
Aku memiliki seorang ayah yang bagus. Dia juga ialah ayah yang bertanggungjawab terhadap keluarga kami. Ayahku mempuyai tubuh tinggi besar. Ayahku juga memiliki tampang yang oval dan tampan. Selain itu ayahku juga ahli memasak ketimbang ibu. Aku bangga memiliki ayah seperti dia.

10. Tuliskan pengertian kata/kalimat ekspresif!
Jawaban:
Kata/kalimat ekspresif yang dimaksud yakni penggunaan kata/kalimat yang bisa mengespresikan perasaan pengarang lewat tuturan tokoh.

11. Tuliskan pengertian dan jenis-jenis majas!
Jawaban:
Majas atau ragam gaya bahasa ialah ciri khas cara pengarang mengekspresikan jiwa perasaan dan pikiran nya dalam media bahasa. Majas mampu dibedakan menjadi majas perbandingan, penegasan, sindiran, dan pertentangan.

12. Tuliskan 8 tindakan dalam menulis teks cerpen!
Jawaban:
1) Mencari pemikiran
2) Percaya dengan gaya bahasa sendiri
3) Mengawali kisah
4) Memadukan insiden insiden kunci
5) Menentukan ending
6) Mengendapkan cerpen
7) Menyunting cerpen yang di endapkan
8) Jangan pernah berhenti menulis

13. Apakah yang di maksud dengan in medias res?
Jawaban:
Istilah in medías tes pertama kali dicetuskan oleh Horace dalam karyanya yang berjudul Ars poética. Istilah bahasa latin ini secara harfiah bermakna ‘ke bab tengah dari sebuah’. Dalam sastra, in medias res yaitu teknik memulai dongeng dari bab tengah, bukan awal. Dengan begitu, alur flashback wajib dipakai untuk menjelaskan latar, tokoh, dan konflik.

14. Tuliskan 5 cara untuk membangun aksara tokoh dalam teks cerpen!
Jawaban:
1) Melalui ucapan-ucapan tokoh
2) Melalui perlindungan nama
3) Melalui deskripsi yang di sampaikan oleh penulis
4) Melalui pendapat tokoh-tokoh lain dalam karya
5) Melalui perilaku atau reaksi si tokoh terhadap peristiwa tertentu.

15. Tuliskan pengertian menelaah dan merevisi!
Jawaban:
Menelaah artinya kita membaca dan mengkaji dengan seksama. Merevisi artinya kita memperbaiki bagian bab yang salah berdasarkan telaah sebelumnya.

16. Tuliskan 5 hal penting yang harus diperhatikan dalam menelaah dan merevisi teks cerpen!
Jawaban:
1) Logika cerita
2) Konflik kisah
3) Struktur kalimat
4) Ketepatan ejaan
5) Penggunaan majas


Posted

in

by

Tags: