Kunci Balasan Soal Matematika Kelas 7 Semester 2 Halaman 129| 130| 131. Ayo Kita Berlatih | Kumpulan Soal Tematik Sd

Kunci Jawaban Soal Matematika Kelas 7 Semester 2 Halaman  129 , 130 , 131. Ayo Kita Berlatih  Bab 6 Aritmatika Sosial. 

Dalam postingan akan dipaparkan kunci respon soal Matematika Kelas 7 Semester 2 di Halaman 129 , 130 , 131.

Pada buku paket matematika kelas 7 semester 2 membahas bahan ihwal Perbandingan , Aritmatika Sosial , Garis dan Sudut , Segiempat dan Segitiga , dan Penyajian Data. Namun pada postingan kali ini secara urut kita akan membahas bahan pertama yakni ihwal perbandingan. Pada Bab Perbandingan Sub Bab pertama yakni kawan-kawan dibutuhkan sanggup mengerti dan menyeleksi perbandingan dua besaran.

Pada postingan kali ini kami akan membuatkan Alternative Jawaban Matematika Kelas 7 Semester 2 Ayo Kita Berlatih  semoga dengan postingan ini sanggup menolong dan memajukan motivasi mencar ilmu matematika kawan-kawan semua. Baiklah eksklusif saja kita masuk ke pada dasarnya yakni pembahasan soal latihan ayo kita berlatih kelas 7 semester 2.

1. Salinlah dua garis berikut kemudian dengan menggunakan jangka dan penggaris bagilah masing masing garis menjadi 7 bab yang serupa panjang. Soal yang dimaksud yakni soal pada “Ayo Kita Berlatih 7.2” halaman 129 buku matematika kelas 7 kurikulum 2013. Untuk gambar setiap langkah-langkahnya sanggup dilihat pada lampiran.  
Pembahasan
a) Gambar garis AB
Langkah 1
Salin garis AB dengan ukuran dan arah yang serupa pada buku tulis
Langkah 2
Dari titik A , buatlah garis AI dengan ukuran 7 bab yang serupa sedemikian sehingga tidak berimpit dengan garis AB , yakni AC = CD = DE = EF = FG = GH = HI. Agar lebih gampang membaginya , garis AI kita buat tegak lurus garis AB.
Langkah 3
Hubungkan titik I dengan titik B
Langkah 4
Buatlah garis-garis sejajar dengan ruas garis IB yang garis-garis tersebut lewat titik C , D , E , F , G , dan H sehingga memotong garis AB di titik C’ , D’ , E’ , F’ , G’ , dan H’.  
Langkah 5
Hapus garis-garis yang sudah dibentuk kecuali garis AB dan titik C’ , D’ , E’ , F’ , G’ , H’. Dengan demikian , terbagilah ruas garis AB menjadi 7 bab yang serupa , yakni AC’ = C’D’ = D’E’ = E’F’ = F’G’ = G’H’ = H’B.    
b) Gambar garis KL
Langkah 1
Salin garis KL dengan ukuran dan arah yang serupa pada buku tulis
Langkah 2
Dari titik K , buatlah garis KS dengan ukuran 7 bab yang serupa sedemikian sehingga tidak berimpit dengan garis KL , yakni KM = MN = NO = OP = PQ = QR = RS. Agar lebih gampang membaginya , garis KS kita buat mendatar (horizontal).
Langkah 3
Hubungkan titik S dengan titik L
Langkah 4
Buatlah garis-garis sejajar dengan ruas garis SL yang garis-garis tersebut lewat titik M , N , O , P , Q dan R sehingga memotong garis KL di titik M’ , N’ , O’ , P’ , Q’ dan R’.  
Langkah 5
Hapus garis-garis yang sudah dibentuk kecuali garis KL dan titik M’ , N’ , O’ , P’ , Q’ ,R’. Dengan demikian , terbagilah ruas garis KL menjadi 7 bab yang serupa , yakni KM’ = M’N’ = N’O’ = O’P’ = P’Q’ = Q’R’ = R’L
2. Salinlah dua garis berikut , kemudian bagilah masing masing garis dengan perbandingan 2 : 3. Soal yang dimaksud yakni soal pada “Ayo Kita Berlatih 7.2” halaman 130 buku matematika kelas 7 kurikulum 2013 nomor 2. Untuk gambar setiap langkah-langkahnya sanggup dilihat pada lampiran.  
Pembahasan
a) Gambar garis PQ
Langkah 1
Salin garis PQ dengan ukuran dan arah yang serupa pada buku tulis
Langkah 2
Dari titik P , buatlah garis PE dengan ukuran 5 bab yang serupa sedemikian sehingga tidak berimpit dengan garis PQ , yakni PA = AB = BC = CD = DE sehingga PB : BE = 2 : 3. Agar lebih gampang membaginya , garis PE kita buat tegak lurus garis PQ.
Langkah 3
Hubungkan titik E dengan titik Q
Langkah 4
Buatlah garis yang sejajar dengan ruas garis EQ yang lewat titik B sehingga memotong garis PQ di titik S.  
Langkah 5
Hapus garis-garis yang sudah dibentuk kecuali garis PQ dan titik S. Dengan demikian , terbagilah ruas garis PQ menjadi 2 bab dengan perbandingan  PS : SQ = 2 : 3
b) Gambar garis RS
Langkah 1
Salin garis RS dengan ukuran dan arah yang serupa pada buku tulis
Langkah 2
Dari titik R , buatlah garis RE dengan ukuran 5 bab yang serupa sedemikian sehingga tidak berimpit dengan garis RS , yakni RA = AB = BC = CD = DE sehingga RB : BE = 2 : 3. Agar lebih gampang membaginya , garis RE kita buat mendatar (horizontal).
Langkah 3
Hubungkan titik E dengan titik S
Langkah 4
Buatlah garis yang sejajar dengan ruas garis ES yang lewat titik B sehingga memotong garis RS di titik T.  
Langkah 5
Hapus garis-garis yang sudah dibentuk kecuali garis RS dan titik T. Dengan demikian , terbagilah ruas garis RS menjadi 2 bab dengan perbandingan  RT : TS = 2 : 3
3. Diketahui panjang ruas garis AB yakni 12 cm. Bagilah ruas garis AB tersebut menjadi 5 bab sama panjang. Soal yang dimaksud yakni soal pada “Ayo Kita Berlatih 7.2” halaman 130 buku matematika kelas 7 kurikulum 2013 nomor 3. Untuk gambar setiap langkah-langkahnya sanggup dilihat pada lampiran.  
Pembahasan
Cara pertama
Kita bagi garis AB tersebut menjadi 5 bab dengan cara
= 12 cm ÷ 5
= 2 ,4 cm
Jadi kita bagi garis AB tersebut menjadi 5 bab yang serupa yang masing-masing panjangnya yakni 2 ,4 cm
Cara kedua
dengan garis sumbangan yakni garis AG sepanjang 5 cm , dengan tindakan selaku berikut
Langkah 1
Buat garis AB sepanjang 12 cm , misal garisnya garis mendatar
Langkah 2
Dari titik A , buatlah garis AG dengan ukuran 5 bab yang serupa sedemikian sehingga tidak berimpit dengan garis AB , yakni AC = CD = DE = EF = FG. Agar lebih gampang membaginya , garis AG kita buat tegak (vertikal)
Langkah 3
Hubungkan titik G dengan titik B
Langkah 4
Buatlah garis yang sejajar dengan ruas garis GB , dimana garis-garis tersebut lewat titik C , D , E , F sehingga memotong garis AB di titik C’ , D’ , E’ dan F’.  
Langkah 5
Hapus garis-garis yang sudah dibentuk kecuali garis AB dan titik C’ , D’ , E’ dan F’. Dengan demikian , terbagilah ruas garis AB menjadi 5 bab yang serupa yakni AC’ = C’D’ = D’E’ = E’F’ = F’B
4. Perhatikan gambar berikut , tentukan nilai p!
Jawab
3p = 12 cm
p = 
p = 4 cm
5. Perhatikan gambar berikut. Tentukan nilai x!
Jawab
3x = 5 (3 cm)
3x = 15 cm
x = 
x = 5 cm
6. Perhatikan gambar berikut. Tentukan nilai x dan y
Jawab
Menentukan nilai x
2x = 3(2 cm)
2x = 6 cm
x = 
x = 3 cm
Menentukan nilai y
5y = 3(10 cm)
5y = 30 cm
y = 
y = 6 cm
7. Perhatikan gambar berikut , tentukan panjang AB
Jawab
EF = 
9 ,8 = 
9 ,8 = 
56 + 3AB = 9 ,8(10)
56 + 3AB = 98
3AB = 98 – 56
3AB = 42
AB =  cm
AB = 14 cm
8. Diketahui titik E , F dan G pada trapesium ABCD. Sisi FE sejajar dengan sisi AB. Jika AB = 7 , DC = 14 , FG = 4 , GB = x dan GE = y , maka nilai x + y yakni …
Jawab
Menentukan nilai x (perhatikan segitiga ABD)
4(8 + x) = 7(8)
32 + 4x = 56
4x = 56 – 32
4x = 24
x = 
x = 6
Menentukan nilai y (perhatikan segitiga DBC)
y = 6  
Jadi nilai x + y adalah
= 6 + 6
= 12
9. Perhatikan gambar berikut. Diketahui trapesium ABCD , dengan AB // DC //PQ. Jika perbandingan AQ : QC = BP : PD = 3 : 2. Tentukan panjang ruas garis PQ
Jawab
Buat garis perpanjangan PQ sehingga memotong garis BC di titiik R
Perhatikan segitiga ABC (AB // QR)
5QR = 2(10 cm)
5QR = 20 cm
QR = 
QR = 4 cm
Perhatikan segitiga DCB (DC // PR)
5(PQ + 4 cm) = 3(20 cm)
5PQ + 20 cm = 60 cm
5PQ = 60 cm – 20 cm
5PQ = 40 cm
PQ = 
PQ = 8 cm

Demikian selesai pembahasan Kunci Jawaban   Matematika kelas 7  Halaman 129 , 130 , 131.

Semester 2 , Ayo Kita Berlatih No  129 , 130 , 131.


Ingat postingan ini hanyalah sekedar alternatif respon , adik-adik sanggup mengerjakannya secara berdikari apalagi dulu di rumah , kebenaran soal respon yakni hak mutlak dari guru pengajar.

Kunci Jawaban Soal Matematika Kelas 7 Semester 2 Halaman 129 , 130 , 131. Ayo Kita BerlatihRating: 4.5Diposkan Oleh: muslimah