Tips Dan Cara Menghadapi Psikotes

Psikotes UI – IST.

Tulisan ini masih akan meningkat , tetapi ada beberapa prinsip yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi psikotest ini. Pertama-tama pasti kita mesti tahu jenis-jenis psikotest itu.

  1. Tes IQ : biasanya acuan soal-soal ini mampu gampang didapatkan di toko buku. Tes kecerdasan ini melibatkan serangkaian soal matematika dalam perumpamaan tesnya tes mulut dan non mulut. Angka dan bahasa ialah bab dari tes ini. Jika Anda bahagia dengan teka teki silang dan hitungan secara cepat maka Anda mujur mampu lulus. Namun tes IQ memang dibentuk kriteria supaya bisa dilaksanakan setiap orang.
  2. Tes Kepribadian : Di dalam tes ini Anda akan dihadapkan kepada serangkaian pertanyaan perihal berbagai duduk perkara dalam pekerjaan, mirip bagaimana menghadapi konflik, bagaimana bekerja sama dan bagaimana solusi kalau menghadapi suatu persoalan. Dari sini mampu dikaji, seberapa jauh kesanggupan Anda bekerja dalam tim dan apakah Anda tergolong orang yang hangat dalam pergaulan dan tidak kaku
  3. Tes Kemampuan : Anda akan diuji serangkaian peran di bawah tekanan tinggi, apakah Anda masih bisa melakukannya. Biasanya tes kesanggupan ini mengkondisikan Anda dalam situasi sarat tekanan tetapi mesti menyelesaikan soal dengan cepat. Bisa bentuknya angka atau permainana kata-kata. Bisa pula berupa grafik dan bentuk-bentuk tiga dimensi.
  4. Tes Kreatifitas : Biasanya Anda akan diminta menulis atau menggambarkan sesuatu. Pada salah satu tes Anda diminta melanjutkan gambar dari enam kotak yang telah ada. Lanjutkan dengan gambaran yang bagus semaksimal mungkin. Satu lagi tes akhir biasanya Anda diminta menggambar. Saya sarankan gambarlah orang yang sedang aktif bertindak, misalnya sedang lari sehingga terlihat aktif. Kata psikolog, orang yang mirip itu tergolong dinamis dan inovatif. Itu pertimbangan psikolog.

Beberapa tips dan cara apa yang seharusnya dilakukan pada dikala psikotest sedang berlangsung :

1). Tes psikologi psikotes PAPI Kostick