Apa Saja Jenis Soal Tes Dalam Psikotes Kerja?

Apa Saja Jenis soal tes dalam Psikotes kerja?

Dalam psikotes terdapat berbagai jenis tes, seperti Tes Kemampuan Verbal, Tes Kemampuan Numerik, Tes Kemampuan Penalaran, Tes Kemampuan Spasial, maupun Tes Kepribadian. Masing-masing tes memiliki fungsi dan tujuan yang berlainan dalam menganggap kepribadian seseorang (kandidat karyawan/mahasiswa). Setiap jenis tes akan dijabarkan lebih lengkap di bawah ini.
1. Tes Kemampuan Verbal
Tes Kemampuan Verbal terbagi lagi menjadi beberapa subtes yang hendak dijelaskan dalam tabel berikut.

Tes Kemampuan Verbal bertujuan untuk mengukur kesanggupan berbahasa seseorang, mulai dari tata bahasa, perbendaharaan kata, hingga kecakapan seseorang mengerti setiap kata dalam konteks tertentu. Tes ini sangat penting untuk mengetahui seberapa cepat seseorang menyerap dan menguasai informasi, serta menerjemahkannya.

Tips:

Perbanyak perbendaharaan kata dari Kamus Besar Bahasa Indonesia  (KBBI) dan buku bacaan lainnya.
Pertajam daya ingat!

2. Tes Kemampuan Kuantitatif
Tes Kemampuan Kuantitatif terbagi menjadi beberapa subtes yang hendak dijelaskan dalam tabel berikut.
Tes Kemampuan Kuantitatif bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berhitung atau berpikir secara logis dan terencana. Dalam tes ini, akan diuji kesanggupan Anda di bidang Matematika dasar. Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir jika merasa kurang ahli dalam bidang Matematika, yang paling penting yakni bagaimana Anda mampu memakai logika berpikir Anda untuk memecahkan soal-soal perkiraan yang ada dengan sempurna.
Tips:
  •        Berpikir simpel!
  •        Pakailah akal sehari-hari Anda!
  •  – Berlatih berbagai macam soal dalam setiap jenis tes kuantitatif

3. Tes Kemampuan Penalaran
Tes Kemampuan Penalaran terbagi menjadi beberapa subtes yang mau diterangkan dalam tabel berikut.
Tes Kemampuan Penalaran bertujuan untuk menguji kemampuan seseorang berpikir logis dan nalar (masuk akal). Jika kita mempunyai skor tinggi pada tes ini bermakna kemampuan pemecahan problem kita dianggap baik. Tes penalaran ini dapat tertuntaskan dengan nalar matematika. Namun, logika sehari-hari pun sangat berperan untuk kesuksesan Anda menyelesaikan tes ini.
Tips:
  • Jangan berpikir rumit, berpikirlah dengan nalar yang paling cepat.
  • Pelajari bahan logika matematika (Sekolah Menengan Atas) untuk menambah kecepatan Anda melakukan soal.

4. Tes Kepribadian
Tes Kepribadian bertujuan untuk menguji konsistensi, kecepatan, dan ketelitian seseorang. Tes kepribadian ditujukan untuk mengetahui bagaimana karakter seseorang. Perusahaan biasanya memakai tes ini untuk mengenali kepribadian dari para pelamar kerja, sehingga mampu diukur apakah kepribadian mereka cocok dan sesuai dengan  kultur perusahaan, atau justru sebaliknya.
5. Tes Kemampuan Umum
Tes Kemampuan Umum ini terbagi lagi menjadi Bahasa Indonesia, Kewarganegaraan, Sejarah, UUD, Pemerintahan, dan lain sebagainya. Hal terpenting yang harus Anda miliki untuk menghadapi Tes Kemampuan Umum ini yakni pengetahuan yang luas. Oleh karena itu, sering-seringlah membaca koran, menonton info, membaca buku-buku pelajaran Sejarah, Kewarganegaraan, maupun Bahasa Indonesia untuk SD, Sekolah Menengah Pertama, dan SMA.