Berbagi Pengalaman: Seleksi Psikotes Dan Interview Bank Bca

Hello, Jobseeker kali ini Admin akan berbagi cerita perihal pengalaman salah satu pembeli paket psikotes (Reno) dikala mengikuti seleksi perekrutan karyawan Bank di BCA. Cerita ini diantarke email admin sepekan yang kemudian. Sebagai bentuk terima kasih atas sharing pengalamannya admin sudah memperlihatkan hadiah mempesona untuk Reno
.

psikotes dan interview. Saya dan teman-sahabat pelamar cukup usang juga menunggunya, kesudahannya kami semua masuk dalam suatu ruangan lalu mengisi form pelamar kemudian menghimpun berkas yang disebutkan sebelumnya dalam email.

HRD kemudian menjelaskan sekilas ihwal sejarah perusahaan, kemudian deskripsi pekerjaan serta kriteria karyawan yang diperlukan. Kemudian berikutnya mereka menerangkan sekilas perihal isyarat melaksanakan soal kemudian lembaran soal psikotes mulai dibagikan hehe.

soal” psikotes yang diberikan cukup umum seperti perusahaan” lainnya yaitu
1. Deret angka, Padanan kata, Kubus, soal akal, kemampuan dasar (TKD)
2. CFIT (yang berbentukpemilihan gambar dan contoh) Penting!
3. tes menggambar pohon, wartegg
4. Tes Kraeplin (tes koran) penting!
5. Soal Teori seputar IT 
6. lalu diminta menguraiankan pengetahuan tentang perusahaan (dlm bhs Inggris)

dari ke 6 tes tersebut, nomor 1 – 4 mampu dengan gampang dikerjakan (thanks to agan yang soal-soalnya mantab!) paling yang agak sulit untuk dilakukan yakni pertanyaan tentang IT dan bahasa Inggris. jujur alasannya adalah sudah 2 tahun lebih lulus banyak ilmu teoritis bidang IT ane udah lupa, maklum kerjaan sekarang lebih ke praktek dan konsentrasi di market place. Sedangkan uraian bahasa Inggris dijawab sebisanya saja, terus jelas aku tidak begitu akil mengarang indah haha.

Walaupun dibilang soal teori bidang IT, ternyata sukar juga bila kita tidak ada antisipasi untuk menghadapi soal-soal tersebut, setelah itu kami pun disuruh menunggu hasil tes untuk lalu di umumkan akseptor yang lulus pada jam 12 siang Bagi yang lulus akan pribadi lanjut untuk interview.
Ternyata dari total 102 orang yang ikut tes ternyata hanya 22 orang yang maju ketahap Interview!!! (ketat seleksinya). Bagi yang lolos langsung mendapat nomor urut interview.


Sebelum giliran saya Interview ternyata waktu sudah memberikan saatnya makan siang, dalam hati “wah bisa sampai sore ini”. Karena tidak diberikan makan siang oleh kantor, terpaksa mesti mencari makan sendiri (pingin makan gratisan). Saya pun mengajukan pertanyaan sama resepsionis dimana kantin berada, yakni di basement.

Sesampai disana banyak aneka macam macam masakan yang disediakan dan harganya pun tidak terlampau mahal mengingat kantin perkantoran jakarta mahal”. Oh iya, harga makanan berkisar antara 15-30rb, kalau engga pakai daging kalian mampu mendapatkan harga dibawah 15rb hahhaha..


Selesai makan, sekitar pukul 1.30 siang interview kembali dilanjutkan. Hrd mengundang nama saya, saat itu lumayan deg deg-an. Mulai deh pertanyaan” secara garis besar (seingat saya) yakni
1. Deskripsi diri, kelemahan dan kelebihan aku (khusus ini disuruh bhs inggris)
2. Mengapa kesengsem menentukan job tersebut
3. Apa yang kita pahami wacana posisi yang kita lamar
4. Uraian singkat perihal pengalaman kerja dan tanggung jawab dipekerjaan sebelumnya
5. Arti kejujuran dan independensi 

Interview HRD sepertinya tanpa kendala-tanpa gangguan saja. Lanjut, sehabis interview HRD saya pun diinformasikan bahwa akan hasilnya akan diumumkan seminggu kedepan. 

Pas di awal Februari saya diemail untuk Interview tahap 2 dengan user, kali ini interviewnya telah ada jam yang diatur, sehingga cukup datang 1 jam sebelum agenda.

Berdasarkan pengalaman saya secara garis besar user benar” bertanya wacana wawasan kita bidang IT dan Digital Banking, dan kita diminta menunjukkan solusi untuk case masalah bidang IT yang disebutkan user, deg deg-an mulai timbul kembaliDisini mental dan wawasan kita sungguh-sungguh di uji perihal cara dan perilaku menjawab juga sungguh penting, jangan buru-buru menjawab dan usahakan tidak nervous. Usahakan obrolan menjadi dua arah, jadi tidak kaku dan tegang.

Akhirnya tamat juga interview user, dan disuruh menunggu satu-dua minggu untuk pengumuman tahap berikutnya, ialah medical check up. Saran saya bersungguh-sungguh olah raga supaya badan tetap sehat dan hindari rokok sebisa mungkin.

TIPS melalui Psikotes dan Interview berdasarkan pengalaman saya:

  1. Jangan fokus pada soal-soal yang sulit kita kerjakan, sebab kita diberikan waktu yang sungguh singkat.
  2.  Agar otak kita terbiasa menghadapi soal-soal psikotes, maka tidak salahnya menyediakan waktu untuk mempelajari soal-soal psikotes, thanks to agan psikotes untuk soal-soalnya, banyak soal yang saya peroleh sama persis dengan yang agan kirim di email (sekitar 80-90%). Pastikan kalau melamar pekerjaan yang berhubungan dengan Matematika, IT atau Akuntansi anda harus latihan melakukan tes Kraeplin (tes koran) ini tes yang pasti akan anda hadapi
  3.  Pelajari ilmu dasar dari posisi yang kita lamar (Faktor ini sungguh membantu lho diterima atau tidaknya kita).
  4. Latihan menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris yakni hal wajib jika anda melamar ke perusahaan berskala besar. Terutama dalam hal Grammar dan spelling!
  5. Cari tahu secara garis besar profile perusahaan dan job description yang kita lamar (pasti sangat asing dan memalukan bila  tidak mengetahui ihwal perusahan yang kita dilamar, misalnya bergerak dibidang apa?, apa tanggung jawab dan tugas kita pada posisi tsb?,dll). Dari pengalaman ada kok pelamar yang engga tahu apa-apa dan bahkan engga bawa CV sama sekali !!
  6. Tetap Fokus dan Tenang saat interview. Berdasarkan pengalaman, saya dikala itu nervous jadi dikasih pertanyaan malah galau maksud pertanyannya dan lewat begitu saja alasannya engga konsen. 
  7. Deskripsikan bahwa kita sangat interest terhadap posisi yang kita lamar.
  8. Tidur yang cukup, membantu kita dalam interview dan psikotes lho !!!, ini biar lebih relx dan tidak gugup

Demikian sharing pengalaman saya supaya bermanfaat