Kumpulan 50+ Pola Soal Ringkasan (Ikhtisar) Dan Kunci Tanggapan Bahasa Indonesia Kelas X

– Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan pola soal materi ringkasan dan ikhtisar dilengkapi dengan kunci balasan terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X revisi terbaru memakai Kurikulum 2013. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta latih dalam mencari referensi seputar acuan soal materi ringkasan dan ikhtisar dilengkapi dengan kunci tanggapan terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X revisi terbaru.

 Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal materi ringkasan dan  Kumpulan 50+ Contoh Soal Ringkasan (Ikhtisar) dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas X

Gambar: freepik.com

1. Tari tanggai mempunyai persamaan dengan Tari Gending Sriwijaya. Perbedaannya yakni Tari Tanggai dibawakan oleh 5 orang sednagkan Tari Gending Sriwijaya dibawakan oleh 9 orang dan peralatan penari Gending Sriwijaya lebih lengkap ketimbang Tari Tanggai. Penari Tari Tanggai memakai pakaian khas kawasan mirip kain songket, dodot, pending, kalung, sanggul malang, kembang urat atau ramai, tajuk cempako, kembang goyang dan tanggai yang berbentuk kuku terbuat dari lempengan tembaga dan kerana tanggai yang digunakan penari, maka tari ini dinamakan Tari Tanggai.

Ide pokok paragraf tersebut yakni ….
A. Persamaan dari Tari Tanggai dengan Tari Gending Sriwijaya
B. Persamaan dan perbedaan Tari Tanggai dengan Tari Gending Sriwijaya
C. Tari Tanggai dibawakan oleh 5 orang.
D. Tari Gending Sriwijaya dibawakan oleh 9 orang

2. Tujuan penulisan ikhtisar yakni untuk ….
A. menjabarkan sebuah karangan
B. memendekkan isi buku
C. Mengambil seluruh isi buku
D. mengambil inti dari sebuah bacaan, buku, atau sejenisnya
E. membuat lebih mudah pembaca dalam berbelanja buku

3. Jeruk nipis setempat memiliki kekhasan yang berlainan dengan flora lain. Pohonnya berkembang selaku pohon kecil bercabang lebat dan tidak beraturan. Tajuknya selalu hijau. Tinggi pohon antara 1,5 – 5 meter. Ranting-rantingnya berduri pendek, kaku, dan tajam. Daunnya selang-seling, berupa jorong sampai bundar dan berskala (4-8) cm x (2-5) cm. Bagian tepi daun bergerigi kecil dan tangkai daunnya bersayap sempit.

Ide pokok teks tersebut yakni ….
A. Karakter buah jeruk nipis
B. Ciri-ciri pohon jeruk nipis
C. Jenis-jenis jeruk nipis
D. Sifat daun jeruk nipis

4. Masker muka memiliki banyak fungsi sesuai dengan jenisnya. Masker lumpur dapat meminimalisir lemak. Masker coklat mampu melembabkan kulit wajah. Masker bengkuang menghilangkan noda hitam dan menciptakan kulit muka lebih berseri.
Menggunakan masker paras dapat menghaluskan dan menyehatkan tampang. Gunakan secara terorganisir untuk hasil yang optimal. Pergunakan jenis masker sesuai dengan manfaat yang ingin kita dapatkan.

Ringkasan teks tersebut adalah ….
A. Gunakan masker sesuai dengan kulit
B. Masker lumpur mengurangi lemak
C. Masker menciptakan kulit tampang berseri
D. Fungsi masker dan penggunaannya

5. Minggu lalu, aku berekreasi ke Taman Tirta. Suasananya sangat menyenangkan. Sayangnya, ada hal yang menciptakan kami tidak tenteram. Sampah-sampah berserakan di kawasan Taman Tirta. Ternyata, fasilitas tempat sampah sangat minim sehingga tidak cukup untuk menampung sampah para 

Simpulan paragraf di atas yaitu ….
A. Sampah-sampah berantakan di Taman Tirta sebab minimnya kawasan sampah
B. Taman Tirta yaitu kawasan wisata yang sangat mengasyikkan walaupun banyak sampah
C. Suasana Taman Tirta sungguh mengasyikkan
D. Tempat sampah di Taman Tirta sangat sedikit sehingga membuat tidak tenteram

6. Pemimpin ialah sosok yang menjadi panutan. Dia akan memilih merah hitamnya wilayah yang dipimpinnya. Oleh karena itu, pemimpin yang bagus sungguh dibutuhkan. Seorang pemimpin yang bagus ditandai oleh dimilikinya jiwa kepemimpinan. Jiwa itu diwujudkan dalam sikap bijaksana, jujur, mengayomi, rela berkorban, dan tanpa pamrih.

Ringkasan teks tersebut adalah ….
A. Pemimpin memilih hitam merahnya kawasan yang dipimpin
B. Jiwa pemimpin harus terlihat dalam kehidupan sehari-hari
C. Keberadaan sosok pimpinan baik sangat diharapkan
D. Pemimpin sebagai panutan mesti memiliki jiwa kepemimpinan

7. Salah satu jenis cokelat adalah compound chocolate. Cokelat ini mempunyai rasa bagus dan harganya juga cukup murah. Selain itu, proses pembuatannya juga termasuk mudah. Kaprikornus, tak aneh jika compound chocolate tergolong cokelat yang sering dan banyak 

Simpulan dari paragraf di atas ialah ….
A. Compound chocolate mempunyai rasa bagus dan harganya juga cukup murah
B. Proses pengerjaan compound chocolate yang sangat mudah
C. Salah satu jenis cokelat ialah compound chocolate
D. Compound chocolate tergolong cokelat yang sering dan banyak dikonsumsi

8. Tidur merupakan salah satu cara mempertahankan badan supaya tetap sehat. Orang yang tidur 8 jam per malam, mampu dipastikan lebih sehat dibandingkan orang yang sering bangkit sepanjang malam. Tidur yang baik memulihkan tata cara imun. Ketika tidur pulas di malam hari, kadar melatonik berkembangdan memperbaiki imunitas.

Rangkuman isi teks tersebut yaitu ….
A. Tidur yakni cara mempertahankan badan tetap sehat dan sebaiknya tidur selama 8 jam alasannya mampu meningkatkan imunitas
B. Tidur yang pulas selama 8 jam ialah salah satu cara mempertahankan badan biar tetap sehat
C. Tidur adalah cara menjaga tubuh tetap sehat dan seharusnya kurang dari 8 jam sehari agar imunitas meningkat
D. Tidur yang pulas di malam hari cukup mampu meningkatkan imunitas diri dan harus selama 8 jam sepekan

9. Festival rakyat di kawasan aku sungguh ramai. Acara berjalan di alun-alun erat istana. Ada banyak penjualyang memasarkan aneka macam jenis barang, contohnya pakaian, sepatu, dan tas. Mereka tidak hanya memasarkan barang namun juga makanan tradisional. Wow, pekan raya ini sungguh meriah.

Ide pokok dari bacaan di atas ialah ….
A. program di alun-alun dekat istana
B. karnaval
C. bazar rakyat di bersahabat saya
D. peringatan ekspo rakyat

10. Kebiasaan menyontek justru akan memadamkan semangat berguru. Para pencontek biasa berpikir untuk menyiapkan bahan-bahan untuk membuat contekan, nilai yang diperoleh pun kadang lebih anggun dari siswa yang jujur. Nilai boleh saja elok, namun sebetulnya ia tidak tahu apa-apa dan tidak ada apa-apanya. Ilmu pengetahuannya tidak pernah bertambah alasannya adalah rajin menjiplak. Lalu apa bedanya dengan mereka yang tidak pernah sekolah?

Rangkuman isi teks tersebut ialah ….
A. Tidak sepantasnya seorang pelajar mencontek
B. Kebiasaan mencontoh dapat memadamkan semangat mencar ilmu sebab hanya sibuk menciptakan contekan, tidak memiliki wawasan, dan tidak ada bedanya dengan mereka yang tidak sekolah
C. Kebiasaan menjiplak memadamkan semangat berguru
D. Kebiasaan menjiplak mampu merugikan jati diri pelajar

11. Penyakit influenza yakni penyakit yang sangat gampang ditransfer. Penyakit ini menyebar lewat kontak pribadi dari satu orang ke orang lain. Menurut temuan terbaru, penyebaran virus influenza terkait bersahabat dengan kelembaban. Di negara-negara beriklim mirip Amerika Utara dan Eropa, wabah flu biasanya terjadi di ekspresi dominan dingin. Di negara tropis, influenza menyebar di isu terkini hujan.

Ide pokok dari bacaan di atas adalah ….
A. sejenis penyakit yang mudah ditularkan
B. gampang ditransfer
C. penyebaran penyakit influenza
D. penyebab influenza

12. Pada era global, sumber daya insan (SDM) andal merupakan kebutuhan yang fundamental. Usaha untuk menerima SDM jago dapat dilakukan lewat berbagai cara, contohnya lewat penataran, pelatihan, kursus, lokakarya, pelatihan, atau aktivitas sejenis. Cara yang paling efektif untuk menciptakan SDM andal yaitu lewat jalur pendidikan. Dengan mengikuti pendidikan tertentu, seseorang dapat mencar ilmu menurut kurikulum terprogram dan hari efektif yang niscaya.

Ringkasan teks tersebut adalah ….
A. SDM yang ahli mampu diupayakan melalui aneka macam cara antara lain cara pendidikan dan pelatihan
B. Hendaknya kita menentukan jalur pendidikan untuk menciptakan SDM ahli
C. Pada abad global, SDM yang hebat menjadi kebutuhan mendasar
D. Jalur pendidikan ialah cara efektif menciptakan SDM mahir

13. Pelestarian hutan Suaka Margasatwa Nantu di Gorontalo kian terancam. Alasannya ialah sekarang ada penambang ilegal. Mereka mencari emas. Ada ratusan penambang ilegal.

Ide pokok dari bacaan di atas yakni ….
A. ancaman terhadap pelestarian hutan di Suaka Margasatwa Nantu
B. penambangan ilegal di hutan Suaka Margasatwa Nantu
C. penyebab penambangan ilegal di hutan Suaka Margasatwa Nantu
D. Cegah penambangan ilegal di hutan Suaka Margasatwa Nantu

14. Kereta Api Kahuripan dari Bandung ke Kediri anjlok di Desa Kaligunting Saradan, Madiun, Jawa Timur. Kecelakaan diduga disebabkan terlepasnya engsel dan as kereta sehingga roda kereta keluar jalur. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Mungkin sebab kereta hanya diisi sekitar 50 penumpang. Saat ditemui di lokasi kejadian, Kepala Humas PT. Kereta Api Daerah Operasi VII Madiun Wahyu Kartono menuturkan, penyebab niscaya kecelakaan ada beberapa kemungkinan, antara lain aspek fasilitas kereta, prasarana rel, dan faktor teknis lainnya.

Ringkasan teks tersebut yaitu ….
A. Sebaiknya pemerintah memeriksa penyebab pasti kecelakaan
B. Anjloknya kereta api Kahuripan di Desa Kaligunting Saradan, Madiun
C. Anjloknya Kereta Api Kahuripan di Desa Kaligunting Saradan tidak menimbulkan korban jiwa dan penyebabnya diduga sebab terlepasnya engsel dan as kereta
D. Masyarakat harus hati-hati jika menggunakan jasa kereta api

15. Bicara soal mempercantik bulu mata, rasanya ganjil kalau tak menyebut maskara. Mastuta memang merupakan salah satu kosmetik yang ampuh mempercantik performa bulu mata. Tak heran jikalau torehan mastuta sukses membuat gambaran bulu mata lentik memancarkan daya pikat.Warna dasar mastuta yakni hitam, cokelat, dan cokelat kehitaman. Warna cokelat membuat performa warna naturaldan sering diseleksi wanita dengan warna kulit kuning langsat. Sementara mastuta hitam sering dipilih kulit warna gelap

Ikhtisar yang tepat menurut teks tersebut adalah ….
A. Mempercantik dengan mastuta mampu menciptakan kesan bulu mata menjadi lebih lentik dan menawarkan daya pikat
B. Mastuta adalah kosmetik untuk memperindah bulu mata dan banyak dipilih pemilik warna kuning langsat maupun kulit hitam
C. Torehan mastuta mampu menghiassetiap perempuan yang memakainya dan menawan semua perhatian yang melihatnya.
D. Mastuta merupakan kosmestik yang mampu menghiasbulu mata dan memiliki tiga warna dasar adalah, cokelat, hitam dan cokelat kehitaman
E. Alat untuk mempercantik bulu mata adalah mastuta yang mampu memancarkan daya pikat dan mempunyai beraneka warna dasar

16. Karakter yaitu kunci kesuksesan individu. Karakter merupakan nilai-nilai insan yang bekerjasama dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama insan, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam fikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan tindakan. Perbuatan atau sikap manusia tersebut menurut norma-norma agama, hukum,tata krama, budaya, dan adab istiadat.
Pendidikan aksara penting bagi pelajar.Pendidikan abjad tidak hanya dipraktekkan di sekolah, namun di rumah dan di lingkungan sosial. Peserta pendidikan aksara tidak hanya anak usia dini sampai cukup umur, tetapi juga akil balig cukup akal. Pendidikan abjad penting bagi pelajar sebab berguna untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia.Sudahkah kalian menyadarinya?

Ringkasan yang sempurna dari teks di atas ialah ….
A. Karakter adalah kunci kesuksesan individu yang penting bagi pelajar
B. Kunci kesuksesan individu yaitu pendidikan abjad
C. Pendidikan aksara diterapkan di sekolah, rumah, dan lingkungan sosial.
D. Pendidikan aksara untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

17. Karangan yang disajikan secara singkat disebut ….
A. ringkasan
B. gagasan penunjang
C. perihal
D. ide pokok

18. Daun pandan suji dipakai sebagai indikator alami karena dapat menunjukkan sifat asam dan basa sebuah larutan. Sebelum menjadi ekstrak larutan daun pandan suji yang siap digunakan, daun pandan suji ditumbuk hingga halus. Setelah itu, disertakan larutan etanol pada tanaman daun pandan suji dan disaring dengan kertas hijau. Tujuan penyaringan tumbuhan daun pandan suji untuk melarutkan zat-zat yang terkandung dalam daun pandan suji. Jika ditambahkan reagen akan memperlihatkan hasil berupa pergantian warna.

Ketika tiga tetes ekstrak daun pandan suji disertakan dengan satu tetes HCI, warna ekstrak daun pandan suji berubah hijau kekuningan. Apabila sampel masakan yang diuji ditambahi HCI, akan menghasilkan perubahan warna selain hijau kekuningan. Dapat dibilang bahwa sampel kuliner tersebut menggunakan pewarna buatan (sintetis).

Simpulan yang sempurna berdasarkan kutipan laporan percobaan tersebut ialah ….
A. Daun pandan suji dipakai pedagang selaku pewarna alami aneka macam masakan.
B. Daun pandan suji merupakan indikator alami untuk menguji pewarna masakan
C. Makanan yang mengandung pewarna produksi mempunyai warna hijau kekuningan
D. Makanan yang mengandung pewarna

19. Langkah pertama yang harus dijalankan kalau kita ingin menciptakan ringkasan adalah ….
A. Membaca naskah atau teks orisinil.
B. Menulis poin yang penting.
C. Menggabungkan setiap ide utama menjadi satu kesatuan paragraf.
D. Langsung menciptakan ringkasan dengan kalimat sendiri.

20. Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tidak mampu dipisahkan dari kehidupan sekolah. Dengan kebersihan lingkungan, warga sekolah menjadi tenteram. Kenyamanan mereka menjadi aspek penunjang kesuksesan belajar bagi siswa. Dengan ketentraman itu pula, para guru lancar melakukan tugasnya.

Kebersihan lingkungan sekolah juga mendukung kesehatan warga sekolah. Dengan lingkungan yang higienis, sekolah terbebas dari banyak sekali penyakit. Penyakit berat ataupun ringan tidak akan menyerang warga sekolah.

Ringkasan teks tersebut yaitu ….
A. Kebersihan lingkungan sekolah membuat warga sekolah menjadi nyaman dan sehat.
B. Kebersihan lingkungan tidak terpisahkan dengan kesehatan warga sekolah yang tenteram
C. Kebersihan lingkungan sekolah mendukung keberhasilan dan kesehatan seluruh warga sekolah.
D. Kebersihan lingkungan sekolah akan menjadi penjamin kesehatan dan kesuksesan warga sekolah

21. Perbedaan ringkasan dan ikhtisar yakni ….
A. Ikhtisar menjaga urutan pemikiran yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar, sedangkan ringkasan belum menunjukkan sosok dasar dari aslinya dan inti tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya
B. Ikhtisar menjaga urutan pemikiran yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar, sedangkan ringkasan akan memperlihatkan sosok dasar dari aslinya dan inti tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya
C. Ikhtisar tidak mempertahankan urutan ide yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar, sedangkan ringkasan tidak menunjukkan sosok dasar dari aslinya dan inti tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya.
D. Ikhtisar tidak mempertahankan urutan gagasan yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar, sedangkan ringkasan tetap memperlihatkan sosok dasar dari aslinya dan inti tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya
E. Ikhtisar tetap mempertahankan urutan ide yang membangun karangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar sedangkan ringkasan tidak memberikan sosok dasar dari aslinya dan inti tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya.

22. Mayoritas pelajar Indonesia bergotong-royong punya kemampuan cukup untuk mengikuti perkuliahan berstandar internasional. Di Belanda, contohnya, mahasiswa asal Indonesia disebut jarang mengalami kesulitan memiliki arti ketika menempuh studi. Keberhasilan itu antara lain ditengarai alasannya adalah para mahasiswa tak mengalami problem psikologis yang serius di sana. Mereka bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus.

Bakker menyarankan, pelajar Indonesia yang berencana melanjutkan studi ke Belanda harus punya motivasi cukup berpengaruh. Menurut dia, hal ini akan menjadi salah satu faktor penting yang membuat mereka bisa menyelesaikan studi di luar negeri.

“Di mancanegara nantikan mereka (mahasiswa) harus berguru keras, mungkin mereka juga akan merasa kesepian. Mengingat kembali motivasi awal akan menciptakan mereka berpengaruh,” terang Bakker.

Ringkasan dari teks balasan tersebut ialah ….
A. Motivasi menjadi faktor penting pelajar Indonesia yang berniat melanjutkan studi ke Belanda
B. Di mancanegara, pelajar Indonesia mesti belajar keras dan mampu menyelesaikan studinya
C. Pelajar Indonesia punya kesanggupan mengikuti perkuliahan patokan internasional dan harus memiliki motivasi yang besar.
D. Mayoritas pelajar Indonesia bermaksud belajar ke luar negeri dan ingin merampungkan studinya

23. Pak Anton, Pak Yohan, dan Pak Natan berasal dari suku yang berlainan-beda. Mereka juga mempunyai kesukaan makanan yang berbeda-beda. Makanan kesukaan mereka yakni kuliner khas wilayahnya. Mereka juga sangat andal dalam memainkan alat musik daerah masing-masing.

Ringkasan yang tepat sesuai dengan tentang di atas adalah ….
A. Pak Anton, Pak Yohan dan Pak Natan berasal dari suku yang berbeda-beda.
B. Mereka menyukai kegemaran yang berlainan.
C. Pak Anton, Pak Yohan dan Pak Natan berasal dari suku yang berbeda. Mereka memiliki kesukaan masakan dan keahliannya masing-masing.
D. Pak Anton, Pak Yohan dan Pak Natan menggemari masakan yang berlawanan.

24. Menurut penelitian Badan Kesehatan Dunia (WHO), rokok berbahaya bagi kesehatan. Rokok mengandung 4.000 zat kimia yang berbahaya. Sedikitnya 25 jenis penyakit yang muncul sebagai balasan merokok. Di dunia ditemukan 70 juta akhir hayat dalam abad waktu 50 tahun terakhir alasannya penyakit yang disebabkan kebiasaan merokok. Satu di antaranya yaitu kanker. Sebuah survei pernah menyebutkan bahwa kanker paru-paru menjadi penyebab akhir hayat di Australia pada tahun 1993. Meskipun banyak anggota masyarakat yang meninggal alasannya penyakit akibat merokok, hal itu ternyata tidak cukup besar lengan berkuasa menjadi shock teraphy para pecandu rokok. Sebaliknya, jumlah perokok aktif kian bertambah, termasuk di Indonesia.

Simpulan isi teks tersebut ialah ….
A. Merokok menimbulkan maut 70 juta jiwa pada abad waktu 50 tahun
B. Negara yang paling terkena efek akibat rokok adalah Australia pada tahun 1993
C. Dalam rokok terkandung 4.000 zat kimia berbahaya yang mengakibatkan sekurang-kurangnya 25 jenis penyakit
D. Rokok mengandung zat kimia berbahaya yang menimbulkan maut sehingga menjadi problem kesehatan dunia

25. Menggabungkan kalimat dari setiap ide pokok supaya menjadi karangan singkat yang padu dalam menciptakan ringkasan harus memakai ….
A. kalimat tanya
B. kalimat perintah
C. tanda titik
D. kalimat rangkaian sendiri

26. Pengelola kawasan wisata Curug Bersih memperkirakan ada sekitar 15 ribu hadirin yang mendatangi kawasan rekreasi ini pada periode piknik anak sekolah tahun ini. Perkiraan ini dianggap tidak berlebihan alasannya membludaknya jumlah pengunjung yang tiba pada demam isu piknik tahun lalu. Untuk menambah pesona hadirin, pengelola akan merencanakan beberapa macam hiburan, mirip pentas musik dan pertunjukan-pentasseni lainnya.

Gagasan utama paragraf di atas adalah ….
A. Pentas musik di kawasan wisata Curug Bersih
B. Membludaknya jumlah hadirin di kawasan rekreasi ini
C. Perkiraan jumlah hadirin tempat rekreasi Curug Bersih tahun ini
D. Pengelola merencanakan beberapa hiburan untuk menambah pesona tempat wisata ini

27. Ringkasan singkat dari artikel observasi, tesis, review, atau setiap analisis mendalam ihwal topik tertentu, dan sering digunakan untuk menolong pembaca dengan cepat maksud dan tujuan sebuah paper ialah definisi dari ….
A. Abstrak
B. sinopsis
C. Karya ilmiah
D. Daftar pustaka
E. Rangkuman

28. Produsen rokok juga sungguh diuntungkan dengan mudahnya mereka menerima daun tembakau dari para petani. Perusahaan rokok juga mempekerjakan banyak tenaga kerja sehingga secara tidak pribadi perusahaan rokok membantu menyelesaikan persoalan pengangguran di Indonesia. Selain itu perusahaan rokok juga memperlihatkan devisa yang banyak bagi Indonesia, dengan pajak rokok yang besar.

Kutipan teks di atas memperlihatkan ….
A. usulan pro
B. argumen
C. usulan kontra
D. gosip

29. Taman Nasional Kerinci Sablat terletak di empat wilayah Provinsi, yaitu Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Selatan. Sebagian besar kawasan Taman Nasional ini ialah rangkaian pegunungan Bukit Barisan Selatan di bagian Sumatera bab tengah. Luas taman Nasional Kerinci Sablat yakni 1.360.000 ha sesuai dengan penetapan hasil tata batas. Daerah taman Nasional ini ialah hutan hujan tropis yang telah terdaftar sebagai situs warisan dunia UNESCO sejak 2004.

Paragraf di atas memiliki ilham pokok ….
A. Rangkaian bukit barisan
B. Letak Taman Nasional Kerinci Sablat
C. Situs warisan dunia ENESCO sejak 2004
D. Luas Taman Nasional Kerinci Sablat

30. Kantong plastik juga membahayakan penyu. Di dalam air, kantong plastik yang transparan akan terlihat menyerupai ubur-ubur. Sementara itu, ubur-ubur adalah masakan kesukaan penyu. Penyu akan mengira plastik itu adalah ubur-ubur. Jika penyu memakan plastik itu, penyu akan mati.

Simpulan paragraf di atas yaitu ….
A. Bahaya kantong plastik bagi penyu
B. Plastik transparan di laut membahayakan penyu karena mampu dikira makanannya
C. Penyu sungguh suka makan ubur-ubur
D. Penyu suka makan kantong plastik yang transparan di laut

31. Dalam segala faktor kehidupan kita niscaya melakukan kegiatan bertanya. Siswa di sekolah akan mengajukan pertanyaan kepada guru tentang materi pelajaran tidak difahaminya. Siswa melakukan kegiatan mengajukan pertanyaan sebagai proses mengetahui materi secara utuh. Kaprikornus berbagai manfaat mampu kita peroleh dengan mengajukan pertanyaan.

Gagasan utama paragraf tersebut yaitu ….
A. Bertanya menunjukan siswa dapat menyerap materi pelajaran
B. Berbagai faedah bisa kita dapatkan dengan mengajukan pertanyaan
C. Kita mampu mengenali segela hal yang tidak dikenali
D. Bertanya dipakai dalam setiap aspek kehidupan

32. Pembangunan dan aktivitas insan juga turut mengancam keberadaan penyu. Penyu bertelur di pinggir pantai. Di sisi lain, kegiatan insan di pantai terus bertambah. Penyu jadi gundah mencari tempat untuk bertelur. Lama kelamaan, kawasan tinggal penyu akan hilang.

Simpulan paragraf tersebut ialah ….
A. Pembangunan dan aktivitas insan besar lengan berkuasa kepada perilaku penyu
B. Pembangunan dan acara manusia terus meningkat
C. Pembangunan dan aktivitas insan yang terus meningkat mampu menghilangkan tempat tinggal penyu.
D. Penyu bertelur di pinggir pantai

33. Remaja harus menerima pendidikan karakter biar mereka tidak terjerumus pada hal-hal negatif. Melalui pendidikan abjad akil balig cukup akal dibuat menjadi cukup umur yang berakhlak mulia, inovatif , percaya diri, peduli terhadap sesama dan santun. Kaprikornus, pendidikan abjad sangat penting bagi dewasa.

Gagasan utama paragraf tersebut yakni ….
A. Pendidikan karakter sungguh penting bagi dewasa.
B. Remaja perlu mempunyai sikap pengasih/ membantu sesama.
C. Remaja perlu memiliki perilaku toleransi terhadapp sesama manusia.
D. Pendidikan karakter membentuk sampaumur yang berprestasi.

34. ASI atau air susu ibu yakni sumber makanan utama bagi bayi. ASI mengandung banyak nutrisi penting bagi bayi. ASI mengandung asam amino yang diperlukan untuk proses tumbuh kembang otak bayi. Selain itu, ASI mengandung zat untuk kekebalan badan bayi.

Simpulan paragraf tersebut yaitu ….
A. ASI mengandung zat untuk kekebalan bayi
B. Asam amino dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang otak bayi
C. ASI yaitu sumber makanan utama bagi bayi
D. ASI yaitu sumber makanan utama bayi sebab mengandung banyak sekali nutrisi yang penting untuk bayi

35. Untuk mengembangkan ekspresi serta penghematan kata, merupakan kegunaan dari ….
A. Kesimpulan
B. Sinopsis
C. Ikhtisar
D. Ringkasan
E. Rangkuman

36. Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga 20 batang rokok mampu setara dengan lima persen pemasukan buruh berangasan. Di Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak ketimbang yang digunakan untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan pokok mereka. Hentikan merokok sebelum candu rokok menempel pada diri Anda.

Simpulan yang tepat untuk teks tersebut yakni ….
A. Orang Cina menghabiskan rokok lebih banyak ketimbang kuliner dan keperluan utama.
B. Di Malaysia harga rokok mencapai 20 ringgit setiap batangnya.
C. Kita mesti menghentikan kebiasaan merokok semoga tidak menjadi kecanduan.
D. Harga rokok di mancanegara sangatlah mahal bahkan setara dengan pendapatan buruh.

37. Paragraf dengan pemikiran utama di selesai disebut ….
A. Campuran
B. Ineratif
C. Deduktif
D. Induktif

38. Tidur ialah salah satu cara mempertahankan badan biar tetap sehat. Orang yang tidur 8 jam per malam, mampu ditentukan lebih sehat dibandingkan orang yang sering bangun sepanjang malam. Tidur yang bagus memulihkan metode imun. Ketika tidur pulas di malam hari, kadar melatonik berkembangdan memperbaiki imunitas.

Simpulan paragraf tersebut yang sempurna yakni ….
A. Tidur dengan waktu cukup dan berkualitas dapat melindungi diri dari penyakit.
B. Tidur yang cukup adalah tidur yang tidak bangun-bangun sepanjang malam.
C. Tidur yang cukup seharusnya kurang dari 8 jam sehari.
D. Tidur yang cukup mampu memajukan imunitas diri.

39. Ciri khas teks eksposisi adalah adanya ….
A. Pemaparan fakta
B. Persamaan rima
C. Alur kisah
D. Menggambarkan objek secara subjektif

40. Pada lazimnya , sakit tenggorokan disebabkan oleh virus. Biasanya, terkait dengan gejala penyakit terusan napas yang lain. Seperti, hidung tersumbat atau batuk. Kebanyakan sakit tenggorokan mampu sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk membantu supaya lebih tenteram dikala sakit, dapat dikerjakan dengan minum air hangat yang diberi air perasan jeruk lemon dan madu.

Simpulan paragraf tersebut yang tepat yakni ….
A. Usaha meringankan rasa sakit saat menderita sakit tenggorokan.
B. Sakit tenggorokan mampu dikurangi dengan minum air perasan jeruk lemon
C. Penyakit tenggorokan disebabkan kebanyakan oleh virus.
D. Tanda-tanda penyakit tenggorokan adalah hidung tersumbat.

41. Hidup senantiasa menghadapkan kita pada pertukaran, pertukaran antara apa yang kita peroleh dan apa yang kita korbankan, pertukaran antara prinsip yang kita pegang dan nama baik yang kita pertaruhkan. Adakalanya pertukaran itu susah, yakni antara apa yang kita anggap benar dan orang lain menganggap apa yang kita anggap benar itu salah. Dalam pertukaran itu setiap hari kita menciptakan pilihan dan keputusan, dan masing-masing punya hasilnya sendiri sendiri. 

Ringkasan yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah ….
A. Adakalanya pertukaran itu susah, yakni antara apa yang kita anggap benar dan orang lain menilai apa yang kita anggap benar itu salah
B. Hidup senantiasa menghadapkan kita pada pertukaran, pertukaran antara apa yang kita dapatkan dan apa yang kita korbankan
C. Dalam pertukaran itu setiap hari kita menciptakan opsi dan keputusan, dan masing-masing punya akhirnya sendiri-sendiri.
D. Hidup selalu menghadapkan kita pada pertukaran. Dalam pertukaran itu kita menciptakan opsi dan punya karenanya sendiri-sendiri.
E. Hidup selalu menghadapkan kita pada pertukaran, pertukaran itu saban hari kita membuat opsi dan keputusan, dan masing-masing punya akhirnya sendiri-sendiri. 

42. Kantong plastik juga membahayakan penyu. Di dalam air, kantong plastik yang transparan akan terlihat menyerupai ubur-ubur. Sementara itu, ubur-ubur yaitu masakan kesukaan penyu. Penyu akan mengira plastik itu ialah ubur-ubur. Jika penyu mengkonsumsi plastik itu, penyu akan mati.

Simpulan paragraf di atas ialah ….
A. Penyu sungguh suka makan ubur-ubur
B. Penyu suka makan kantong plastik yang transparan di maritim
C. Bahaya kantong plastik bagi penyu
D. Plastik transparan di maritim membahayakan penyu alasannya adalah bisa dikira makanannya

43. 1) Obesitas yang mewabah di Amerika Serikat mulai menjangkiti Indonesia. 2) Tanpa kenal batas-batas kelas sosial jumlah obesitas terus bertambah. 3) Masalah yang disekat-sekat selaku penyakit gaya hidup ini. 4) Penyebab utamanya ialah contoh makan yang tidak terstruktur.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

44. Leptospirosis yaitu penyakit akhir kuman Leptospira sp. Bakteri ini dapat ditularkan dari hewan pada manusia atau sebaliknya. Apabila tikus terinfeksi, tinja atau kencingnya mampu menularkan virus pada insan. Penyakit ini juga disebut penyakit weil, demam sawah, demam pemotong tebu, demam lumpur, dan lain-lain. Oleh alasannya adalah itu, kita harus menjaga kebersihan lingkungan

Simpulan paragraf di atas yaitu ….
A. Leptospirosis yakni penyakit balasan bakteri Leptospira sp.
B. Kita harus mempertahankan kebersihan lingkungan biar terhindar dari penyakit leptospirosis.
C. Leptospirosis juga disebut penyakit weil, demam sawah, demam pemotong tebu, demam lumpur, dan lain-lain.
D. Leptospirosis dapat ditularkan dari hewan pada insan atau sebaliknya.

45. Ada orang-orang yang kemungkinan sebaiknya cukup menetap dalam hati kita saja, namun tidak bisa tinggal dalam hidup kita. Maka, biarlah begitu adanya, supaya menetap di hati, diterima dengan lapang. Toh dunia ini senantiasa ada misteri yang tidak mampu diterangkan. Menerimanya dengan baik justru membawa kedamaian. 

Ringkasan yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah ….
A. Adakalanya seseorang ada dalam hati kita namun tidak ada dalam kehidupan kita
B. Seseorang ada dalam hati kita adakalanya sebuah ketika pergi dari kehidupan kita
C. Seseorang dalam hidup kita adakalanya kita bisa hidup bersamanya hingga mati.
D. Seseorang tidak selamanya akan menetap dalam hati kita
E. Seseorang ada dalam hati kita adakalanya tidak ada dalam keinginan kita

46. Permainan sepakbola menuntut kesanggupan teknik dasar yang bagus. Teknik dasar ini ialah kesanggupan dasar yang mesti dimiliki pemain agar mampu berbagi kemampuan dan keahliannya lebih lanjut. Penguasaan teknik dasar yang bagus akan menawarkan santapan permainan sepak bola yang menawan.

Simpulan paragraf di atas ialah ….
A. Teknik dasar harus dimiliki pemain agar mampu membuatkan kesanggupan dan keahliannya
B. Permainan sepakbola mesti disajikan secara menarik
C. Teknik dasar dalam permainan sepakbola
D. Permainan sepakbola menuntuk kesanggupan teknik dasar yang bagus agar menyuguhkan permainan yang mempesona

47. Kemampuan membaca bukanlah perilaku yang muncul begitu saja. Ia muncul dari kesadaran diri akan pentingnya […] sebagai upaya memupuk, menyuburkan, berbagi kebun wawasan semoga berbuah ilmu yang berguna.

Kata yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut yakni ….
A. Berhitung
B. Menggunakan
C. Membaca
D. Menulis

48. Walaupun dianggap sebagai gulma, eceng gondok juga mempunyai faedah. Eceng gondok mampu dijadikan peluang usaha selaku bahan dasar kerajinan tangan. Bagian tanaman eceng gondok yang sudah dikeringkan ternyata mampu dimanfaatkan selaku bahan baku pengerjaan tas, kopor, sandal, keranjang, tatakan gelas, tikar, dan sebagainya. Akhir-tamat ini eceng gondok juga banyak dimanfaatkan untuk mendukung industri mebel, yakni sebagai pengganti rotan yang harganya makin melangit.

Simpulan paragraf di atas yaitu ….
A. Eceng gondok sebagai pengganti rotan yang harganya makin melangit.
B. Eceng gondok dibuat tas, kopor, sandal, keranjang, tatakan gelas, dan tikar
C. Eceng gondok dimanfaatkan untuk materi kerajinan tangan dan industri mebel.
D. Eceng gondok dapat dijadikan bahan kerajinan yang bermutu tinggi

49. Meski terlihat mungil dan berskala kecil, namun menanam bonsai cukup sulit. Teknik menanam bonsai sama sekali tidak bisa dianggap remeh. Sebab, seorang penanam bonsai mesti menguasai berbagai teknik perawatan.

Simpulan paragraf di atas yakni ….
A. Cara menguasai teknik perawatan bonsai cukup sulit
B. Menanam bonsai cukup sukar alasannya mesti menguasai banyak sekali teknik perawatan
C. Teknik menanam bonsai sama sekali tidak bisa diremehkan
D. Bonsai bentuknya mungil dan berskala kecil

50. Berikut yang merupakan pemahaman ikhtisar ialah ….
A. penghidangan singkat dari sebuah karangan asli, namun tidak tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang asli
B. penulisan pokok-pokok dilema penulisannya yang harus berurutan, dilarang secara acak atau dihidangkan dalam bahasa pembuat ikhtisar dengan mengubah tema sebuah wacana
C. penulisan pokok-pokok problem penulisannya tidak mesti berurutan, boleh secara acak atau dihidangkan dalam bahasa pembuat ikhtisar tanpa mengganti tema sebuah wacana.
D. penyuguhan singkat dari sebuah karangan orisinil, namun tetap mempertahankan urutan isi dan sudut pandang pengarang asli
E. penulisan pokok-pokok masalah penulisannya yang harus berurutan, dilarang secara acak atau dihidangkan dalam bahasa pembuat ikhtisar tanpa mengganti tema suatu ihwal


Posted

in

by