Kumpulan 80+ Teladan Soal Unsur Intrinsik Cerpen Dan Kunci Tanggapan : Bahasa Indonesia Kelas Ix

– Pada potensi kali ini admin akan membagikan kumpulan pola soal unsur intrinsik teks cerpen dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 9 revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat menolong Bapak, Ibu Guru, dan akseptor asuh dalam mencari acuan seputar acuan soal bagian intrinsik teks cerpen dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 9 revisi.

 Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal unsur intrinsik teks  Kumpulan 80+ Contoh Soal Unsur Intrinsik Cerpen dan Kunci Jawaban : Bahasa Indonesia Kelas IX

Gambar: freepik.com

1. Aku duduk melamun di halte bus pusat kota sambil menikmati hujan dan dinginnya udara. Aku gadis kecil yang berjuang di jalanan. Naik-turun dari satu bis ke bis lainnya. Demi tetap mampu pergi ke sekolah. Demi menggapai cita-citaku menjadi seorang pengusaha sepatu yang sukses dan terkenal. Tania. Semua orang memanggilku mirip itu.

Sudut pandang yang terdapat pada kutipan dongeng di atas yaitu ….
A. kedua tunggal
B. kedua jamak
C. pertama tunggal
D. pertama jamak

2. Unsur intrinsik yakni ….
A. Unsur samping suatu cerita
B. Unsur depan suatu dongeng
C. Unsur dalam suatu cerita
D. Unsur luar suatu dongeng

3. Cerita Malin Kundang tergolong teladan ….
A. Mitos
B. Fabel
C. Legenda
D. Cerita Anak

4. Tema adalah ….
A. Ide dongeng, sebuah ide mengapa penulis menuliskan kisah
B. Judul dalam cerita
C. Alur dalam kisah
D. Karakter tokoh dalam kisah

5. Berikut ini yang termasuk pola fabel yakni ….
A. Upin Ipin
B. Si Pitung
C. Kisah Rara Jongrang
D. Kancil dan Buaya

6. Amanat ialah ….
A. Latar belakang dalam cerita
B. Pesan dalam dongeng
C. Judul dalam kisah
D. Tokoh dalam kisah

7. Penggambaran tokoh dalam kisah disebut ….
A. Amanat
B. Alur
C. Watak
D. Latar

8. Tokoh/Penokohan ialah ….
A. Individu yang dibicarakan dalam kisah
B. Latar dari sebuah kisah
C. Judul dalam cerita
D. Alur dari sebuah kisah

9. Di bawah ini yang termasuk bagian-komponen intrinsik adalah ….
A. penokohan, tema dan mitos
B. tema, latar dan alur
C. amanat, latar, dan fiksi
D. fiksi, judul, dan sage

10. Latar adalah ….
A. Keterangan tentang pesan yang terkandung dalam cerita
B. Keterangan perihal pelaku dalam dongeng
C. Keterangan wacana judul cerita
D. Keterangan wacana lokasi dan waktu dongeng

11. Ternyata, sifat iri tidak memberikan laba apa-apa. Semua telah diberikan sesuai keperluan masing-masing. Kutipan tersebut tergolong bab dari bagian intrinsik, adalah ….
A. latar
B. amanat
C. tema
D. alur

12. Alur/Plot adalah ….
A. Rangkaian tokoh dalam cerita
B. Rangkaian kawasan dan waktu dalam dongeng
C. Rangkaian insiden dalam dongeng dari permulaan hingga simpulan
D. Rangkaian pesan yang terkandung dalam cerita

13. Latar mampu dibagi menjadi tiga, ialah ….
A. tempat, waktu, suasana
B. waktu, suasana, alur
C. tempat, waktu, alur peristiwa
D. daerah, waktu, keadaan penulis

14. Alur yang menceritakan dongeng yang sedang terjadi sampai ke masa yang akan datang/kala depan disebut ….
A. Alur depan
B. Alur belakang
C. Alur mundur
D. Alur maju

15. Berdasarkan latar kejadiannya, cerita fantasi dapat dibedakan menjadi ….
A. latar sezaman, latar lintas waktu
B. latar dalam negeri, latar lintas waktu
C. latar sezaman, latar dalam negeri
D. latar dalam negeri, latar luar negeri

16. Alur yang menceritakan dongeng lampau/telah terjadi hingga ke periode depan/yang sedang terjadi disebut ….
A. Alur depan
B. Alur belakang
C. Alur mundur
D. Alur maju

17. Ide pokok suatu dongeng disebut ….
A. amanat
B. pesan
C. latar
D. tema

18. Alur yang menceritakan kisah dari era depan sampai ke kurun lampau dan kembali lagi dari masa lampau ke kurun depan disebut ….
A. Alur zig-zag/Alur maju-mundur
B. Alur depan-belakang
C. Alur mundur
D. Alur maju

19. Unsur yang membangunkarya sastra dari dalam karya sastra itu sendiri disebut ….
A. komponen intrinsik
B. komponen ekstrinsik
C. bagian pengembang
D. komponen pembangun

20. Watak/Perwatakan ialah ….
A. Karakter atau perilaku tokoh dalam kisah
B. Judul dalam kisah
C. Latar belakang dalam kisah
D. Alur dalam dongeng

21. Cerita fantasi ialah salah satu contoh cerita fiksi. Fiksi mampu diartikan selaku ….
A. dongeng pengalaman langsung
B. kisah rekaan/imajinasi
C. cerita menurut fakta
D. dongeng kasatmata

22. Latar yang menyatakan lokasi dalam cerita disebut ….
A. Latar situasi
B. Latar maju
C. Latar waktu
D. Latar tempat

23. angkaian peristiwa pada cerita fantasi disebut ….
A. penokohan
B. susila
C. latar
D. alur

24. Latar yang menyatakan kapan terjadinya cerita disebut ….
A. Latar situasi
B. Latar maju
C. Latar waktu
D. Latar tempat

25. Nilai tabiat yang terkandung di dalam suatu kisah fantasi biasa disebut ….
A. latar
B. amanat
C. penokohan
D. tema

26. Latar yang menyatakan bagaiamana suasana dan kondisi dalam kisah ….
A. Latar situasi
B. Latar maju
C. Latar waktu
D. Latar kawasan

27. Suara bising deru kendaraan menemaniku dalam lamunan. Asap-asap knalpot yang menenteng sesak tidak serta merta menyadarkan dari lamunan panjang perihal abad laluku. Teriakan kernet bis pun turut mengiringi aktifitas melamunku pagi ini.

Latar kawasan yang digambarkan pada kutipan dongeng di atas yaitu ….
A. terminal bus
B. hutan
C. perkotaan
D. pedesaan

28. Konflik ialah ….
A. Penyelesaian dilema yang terjadi dalam dongeng
B. Masalah yang terjadi dalam kisah
C. Pesan dalam dongeng
D. Rangkaian lokasi dan waktu dalam dongeng

29. Minggu pagi yang cerah, Ardi, Handi, dan Dani berada di Candi Trowulan. Mereka merupakan siswa opsi dari suatu dari sebuah SMP yang sedang melakukan peran pengamatan untuk karya ilmiah sampaumur. Di tengah keramaian orang yang sedang berwisata, mereka sibuk menuntaskan laporannya.

Unsur yang dominan diperkenalkan di dalam cuplikan tersebut ialah ….
A. alur
B. tema
C. latar
D. tokoh

30. Sudut pandang tokoh ialah ….
A. Rangkai peristiwa dalam kisah dari permulaan hingga simpulan
B. Ide anggapan atau pemikiran pokok dalam kisah
C. Arah pandang seorang pengarang dalam memberikan cerita
D. Rangkaian lokasi dan kawasan dalam cerita

31. Tokoh yang menjadi pemain drama utama dan memiliki sifat baik disebut ….
A. Tritagonis
B. Figuran
C. Protagonis
D. Antagonis

32. Unsur intrinsik cerpen yang menjelaskan tentang makna yang dapat diambil dari suatu cerpen yakni ….
A. alur
B. tema
C. latar
D. amanat

33. Jenis karya sastra berbentuk prosa dan bersifat fiktif yang menceritakan sebuah cerita yang di alami sebuah tokoh secara ringkas disertai aneka macam pertentangan dan terdapat solusi dari masalah yang dihadapi ….
A. pantun
B. biografi
C. cerpen
D. syair

34. Dibawah ini yang ialah bagian intrinsik dari cerpen yakni …. (Pilihan balasan lebih dari satu)
A. diksi
B. alur
C. rima
D. latar

35. Dibawah ini yang tidak tergolong ke dalam bagian intrinsik cerpen adalah ….
A. Alur
B. Tokoh
C. Latar belakang pengarang
D. Latar atau setting

36. Unsur intrinsik yaitu ….
A. karangan yang menuturkan tindakan, pengalaman, atau penderitaan orang
B. unsur yang membangun cerita dari dalam
C. komponen yang membangun kisah dari luar
D. unsur yang mensugesti terbentuknya dongeng

37. Sarjo mempersilakan Pak Sukardi beserta anak buahnya untuk masuk ke rumahnya menyaksikan tumbuhan koleksi Sarjo sekaligus mampir untuk beristirahat. Pak Sukardi terkejut menyaksikan koleksi Sarjo. Ternyata Sarjo mempunyai bonsai yang lebih banyak dibandingkan dengan koleksi di rumahnya.
“Mas, saya ingin berbelanja bonsai yang berpot besar itu!”
“Sudah Pak, ambil saja! Saya telah semenjak kecil mengumpulkan ini semua.”
(Andi Dwi Handoko, “Bonsai”)

Karakter tokoh Sarjo dalam kutipan tersebut ialah ….
A. lalai, malas, kaya
B. cermat, pelit, perkiraan
C. ramah, telaten, gemar memberi
D. bersungguh-sungguh, pemarah, teliti

38. Yang bukan tergolong komponen intrinsik kisah yaitu ….
A. Latar
B. Alur cerita
C. Keadaan penulis
D. Tema dan Amanat

39. Kuingin kamu berbohong padaku. Seperti yang kamu utarakan kemarin, dan yang kemarin dahulu itu. Ketika mentari meredup berpendar di pucuk daun sebelah barat rumah dan saat kerumunan itu tak lagi bersamamu, kau mulai dengan kisah kebohonganmu yang pertama kepadaku.

Latar waktu pada kutipan tersebut ialah ….
A. sore hari
B. malam hari
C. siang hari
D. pagi hari

40. Jika sudut pandang orang ketiga penulis tidak terlibat dalam sebuah karya sastra, sudut pandang orang pertama memakai subjek ….
A. dia
B. kita
C. kami
D. saya

41. Tiga jenis latar atau setting terdapat dalam pilihan di bawah, kecuali ….
A. Waktu
B. Tempat
C. Suasana
D. Sosial

42. Kemudian mendadak muncul puluhan, ratusan, bahkan mungkin ribuan kupu-kupu aneka warna berterbangan dan memenuhi pandanganku. Istriku berteriak dan memegang tanganku, kurasakan pegangannya terlepas dan tak kudengar lagi suaraku sendiri.

Latar situasi pada kutipan cerpen tersebut yaitu ….
A. sedih
B. sepi
C. tenang
D. ketakutan

43. “Aku maju sedikit, membunyikan lonceng sepeda, bertepuk tangan, berdeham-deham, menciptakan bunyi-bunyian supaya ia merayap pergi.
“Tapi lebih dari setengah perjalanan sudah, saya tak’kan kembali pulang gara-gara buaya ndeso ini.
(Dikutip dari novel Laskar Pelangi)

Watak tokoh Lintang dalam kutipan novel tersebut ialah ….
A. tidak yakin diri
B. pemberani
C. penakut
D. sangsi

44. “Saya ingin lagu gending Jawa.”
“Tolong Pak Sopir. Bapak ini tidak suka lagu pop Indonesia, padahal lagu itu kesukaan saya. Dia minta ditukar saja dengan gending Jawa.”
“Tetapi aku tak punya kaset gending Jawa,” kata sopir “Saya punya. Saya tidak pernah meninggalkan kaset gending Jawa, setiap saya bepergian. Ini kaset lagu kesukaan aku. Gending Jawa.” Para penumpang menyimak lagu itu. Tetapi beberapa ketika saja lalu, terdengar orang berteriak: “Bolehkah lagu itu ditukar?”

Latar insiden kutipan dongeng di atas yaitu ….
A. bus
B. kapal maritim
C. kereta api
D. jalan raya

45. “Pak, pohon pepaya di pekaranganku telah dirobohkan dengan semena-mena. Tidaklah sepatutnya hal itu kulaporkan?”
“Itu benar, tetapi jangan melebih-lebihkan. Ingat, yang harus diutamakan yakni kerukunan kampung. Soal kecil yang dibesar-besarkan mampu menjadikan keributan dalam kampung. Setiap soal mesti teratasi dengan sebaik mungkin. Tidak boleh main seruduk. Masih ingatkah kamu pada peristiwa Dullah dan Bidin tempo hari? Hanya alasannya adalah soal dua kilo beras, seorang kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara.”
(Gerhana, Muhammad Ali)

Unsur intrinsik yang paling mayoritas dalam kisah di atas yaitu ….
A. amanat
B. tema
C. alur
D. latar

46. Sebutkan yang dimaksud dengan tema ….
A. Pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca.
B. Tempat terjadinya kejadian dalam kisah.
C. Ide yang mendasari sebuah dongeng.
D. Pelaku yang terlibat dalam dongeng.

47. Terik. Hari ini begitu panas, sampai-hingga cahaya matahari menciptakan kulitku hampir terbakar. Jemuran pun sekejab kering. Bau asap-asap polusi menyergap masuk ke paru-paru menciptakan kotor udara. Ditambah suara bising kendaraan yang lalu lalang dihadapanku, membuat suasana bertambah pengap dan panas. Aku hanya bisa melihat orang-orang itu di dalam kendaraan beroda empat dengan AC yang menciptakan mereka sejuk. Berbeda dengan diriku, anak pria dengan baju kumal bangkit di tepi jalan sambil menjinjing payung di genggaman. Aku hanya mampu menanti hujan turun dan seseorang datang untuk memakai jasaku.

Sudut pandang kutipan cerita di atas yaitu ….
A. orang pertama pelaku sampingan
B. orang ketiga sebagai pengamat
C. orang pertama pelaku utama
D. orang ketiga serba tahu

48. Tokoh utama pada cerita fantasi biasanya memiliki sifat baik disebut dengan ….
A. pronogonis
B. tritagonis
C. protagonis
D. antagonis

49. “Kamu mengapa, Du?” tanya kakek dengan sedih. “Maafkan Badu, Kek. Tadi Badu makan mangga yang masih kecil-kecil dan jadinya Badu sakit perut,” kata Badu sambil terisak. “Sudahlah, Du, lain kali tunggulah hingga mangga itu ranum, gres Badu boleh memetiknya.”
Amanat belahan cerpen tersebut ialah ….
A. Janganlah memetik mangga asal pilih
B. Janganlah makan mangga yang masih kecil
C. Jangan melawan kepada orang bau tanah
D. Kita harus menuruti hikmah orang renta

50. Latar dapat dibagi menjadi tiga, adalah ….
A. daerah, waktu, situasi
B. waktu, suasana, alur
C. daerah, waktu, alur kejadian
D. kawasan, waktu, keadaan penulis

51. Tokoh utama pada cerita fantasi umumnya mempunyai sifat baik disebut dengan ….
A. pronogonis
B. tritagonis
C. protagonis
D. antagonis

52. Berikut ini hal-hal pada tahap pengenalan cerita fantasi, kecuali ….
A. konflik memuncak
B. daerah
C. nama tokoh
D. suasana

53. Posisi atau pandangan pengarang dalam memberikan cerita ialah pengertian ….
A. Tema
B. Tokoh
C. Sudut pandang
D. Gaya bahasa

54. Cerita fantasi merupakan salah satu pola kisah fiksi. Fiksi dapat diartikan selaku ….
A. cerita faktual
B. cerita pengalaman eksklusif
C. kisah berdasarkan fakta
D. cerita rekaan/khayalan

55. Pesan yang terkadung dalam cerpen yang bisa diambil pelajaran oleh pembaca merupakan pengertian ….
A. Latar
B. Amanat
C. Tema
D. Alur

56. Rangkaian kejadian pada dongeng fantasi disebut ….
A. penokohan
B. susila
C. latar
D. alur

57. Unsur pembangun cerpen secara intrinsik antara lain sebagai berikut, kecuali ….
A. nilai kehidupan
B. tema
C. amanat
D. penokohan

58. Suara bising deru kendaraan menemaniku dalam lamunan. Asap-asap knalpot yang membawa sesak tidak serta merta menyadarkan dari lamunan panjang perihal kala laluku. Teriakan kernet bis pun turut mengiringi aktifitas melamunku pagi ini.

Latar daerah yang digambarkan pada kutipan cerita di atas yaitu ….
A. hutan
B. perkotaan
C. pedesaan
D. terminal bus

59. Nilai yang berafiliasi dengan tingkah laku atau perilaku manusia disebut nilai ….
A. agama
B. sopan santun
C. sosial
D. budaya

60. (1) Ia meloncat dari kawasan tidur dan bergegas keluar. (2) Sesaat itu juga, Ia menerobos hujan dan menyusuri jalan, menyusuri Avenida Pardo dan Avenida Gerda yang berliku dan lengang. (3) Sebentar lalu, Ia hingga di tangga batu dekat tepi pantai dengan setangkai bunga yang kelopaknya sudah lepas dalam genggaman tangannya. (4) Seketika itu, tubuhnya mulai ditumbuhi bulu-bulu halus, persis sekali dengan bulu serigala yang pernah Ia lihat di serial televisi.

Bukti latar di tepi pantai ditunjukkan nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

61. Hal yang pertama yang dilaksanakan dalam dalam menulis teks cerpen adalah ….
A. menyebarkan inspirasi
B. memilih ilham
C. melakukan riset
D. mengolah ide

62. Yang bukan tergolong ke dalam komponen intrinsik dongeng fantasi yaitu ….
A. manfaat
B. alur
C. amanat
D. sudut pandang

63. Ajaran atau pesan yang akan disampaikan pengarang dalam cerpen yakni pemahaman dari ….
A. alur
B. penokohan
C. tema
D. amanat

64. Dari barat terlihat hujan anak panah menyerbu pasukan Sir Thomas. Banyaknya anak panah menutupi matahari oranye yang mulai tenggelam, hingga kegelapan datang lebih cepat.
Latar waktu kutipan cerita tersebut adalah ….
A. siang hari
B. pagi hari
C. sore hari
D. malam hari

65. Unsur pembangun cerpen yang meliputi daerah, waktu, dan suasana yang tergambar dalam cerita disebut ….
A. sudut pandang
B. tokoh
C. latar
D. alur

66. Suatu prosa fiksi atau cerita yang dihidangkan cuma berkonsentrasi pada satu konflik persoalan yang dialami oleh tokoh mulai dari pengenalah karakter hingga penyelesaian persoalan yang dialami oleh tokoh adalah pemahaman dari ….
A. fabel
B. puisi
C. novel
D. cerpen

67. Unsur pembangun cerpen secara intrinsik antara lain sebagai berikut, kecuali ….
A. penokohan
B. nilai kehidupan
C. tema
D. amanat

68. Ide atau gagasan dasar yang melatarbelakangi keseluruhan kisah yang ada dari cerpen ialah pemahaman ….
A. Gaya Bahasa
B. Tema
C. Alur
D. Latar

69. Nilai yang berhubungan dengan tingkah laris atau perilaku insan disebut nilai ….
A. agama
B. susila
C. sosial
D. budaya

70. Urutan jalan kisah dalam cerpen yang disampaikan oleh penulis dalam memberikan dongeng merupakan pemahaman dari ….
A. Tokoh
B. Alur
C. Tema
D. Latar

71. Hal yang pertama yang dikerjakan dalam dalam menulis teks cerpen yakni ….
A. mengembangkan ide
B. menentukan inspirasi
C. melakukan riset
D. mengolah ilham

72. “Huek, pahit, Nek. Dinda nggak suka. Nggak mau kopi ah!”
Nenek Aida tetap tersenyum. Ia lanjutkan kegiatannya membuat kopi. Setelah dua cangkir kopi itu jadi, dengan enggan kubantu nenek menjinjing salah satu cangkir kopi itu ke ruang tamu.
“Dinda nggak mau kopinya, Nek… pahit… kopi Dinda buat Nenek aja deh….”
“Dalam kehidupan ini mungkin kita mengalami berbagai insiden. Tahukah Dinda, semua kepedihan dan kebahagiaan itu menimbulkan hidup lebih istimewa. Mengerti?”

Pesan dalam kutipan cerpen tersebut ialah ….
A. Kita mesti mendapatkan kenyataan bahwa dalam hidup ada peristiwa membahagiakan dan menyedihkan.
B. Dalam hidup dengarkanlah rekomendasi orang renta yang telah berpengalaman dalam hidup.
C. Dalam kehidupan ini kita akan mengalami berbagai peristiwa yang menyenangkan.
D. Hidup yang istimewa ialah hidup yang dapat menerima kepedihan.

73. Di bawah ini yang bukan tahapan alur adalah ….
A. Tahapan penanjakan
B. Tahapan penyelesaian
C. Tahapan perkenalan
D. Tahapan pendekatan

74. (1) Aku ingin menumpahkan dendam sesudah lama aku siapkan. (2) Dua puluh lima tahun. (3) Aku bergelar sarjana aturan dan pengacara termuda tersohor di negeri ini. (4) Aku punya uang dan tangan yang siap membalaskan dendamku. (5) Hanya saja, setiap niat itu aku beritahukan terhadap kedua saudaraku, keduanya akan berkhutbah kepadaku, “Jangan balaskan kejahatan dengan kejahatan, namun kalahkan kejahatan dengan kebaikan.”

Bukti adab tokoh Aku pendendam ditandai dengan kalimat nomor ….
A. (2) dan (5)
B. (3) dan (4)
C. (1) dan (2)
D. (1) dan (4)

75. Alur ini menggambarkan jalan dongeng yang urut dari awal perkenalan tokoh, situasi lalu menimbulkan pertentangan sampai puncak konflik dan terakhir solusi konflik adalah alur ….
A. campuran
B. biasa
C. maju
D. mundur

76. “Aku maju sedikit, membunyikan lonceng sepeda, bertepuk tangan, berdeham-deham, menciptakan suara-bunyian supaya ia merayap pergi.
“Tapi lebih dari setengah perjalanan telah, saya tak’kan kembali pulang gara-gara buaya kurang pandai ini.
(Dikutip dari novel “Laskar Pelangi”)

Watak tokoh Lintang dalam kutipan novel tersebut yakni ….
A. tidak percaya diri
B. penakut
C. pemberani
D. ragu-ragu

77. Di bawah ini yang bukan jenis latar yaitu ….
A. Latar waktu
B. Latar suasana
C. Latar kawasan
D. Latar hari

78. Tatkala saya masuk sekolah Mulo, demikian fasih lidahku dalam bahasa Belanda sehingga orang yang cuma mendengarkanku berbicara dan tidak menyaksikan saya, menduga saya anak Belanda. Aku pun bertambah usang bertambah percaya pula bahwa aku anak Belanda, sungguh hari-hari ini makin ditebalkan pula oleh tingkah laku orang tuaku yang berupaya sepenuh daya mengikuti keadaan dengan langgam lenggok orang Belanda. “Kenang-ingatan” oleh Abdul Gani A.K.

Sudut pandang pengarang yang digunakan dalam kepingan tersebut ialah ….
A. sudut pandang orang jamak
B. sudut pandang orang tunggal
C. sudut pandang orang pertama
D. sudut pandang orang kedua

79. ibawah ini yang bukan jenis tokoh yang digambarkan dalam cerpen adalah ….
A. Pitagonis
B. Tritagonis
C. Protagonis
D. Antagonis

80. Gagasan atau wangsit yang mendasari suatu dongeng disebut ….
A. Setting
B. Alur
C. Tokoh
D. Tema


Posted

in

by