15+ Pola Soal Essay Teks Cerpen (Dilengkapi Kunci) : Bahasa Indonesia Kelas Ix

– Pada potensi kali ini admin akan membagikan kumpulan teladan soal essay teks cerpen dilengkapi kunci jawaban dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 9 revisi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat menolong Bapak, Ibu Guru, dan peserta latih dalam mencari tumpuan seputar pola soal essay teks cerpen dilengkapi kunci tanggapan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 9 revisi.

 Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal essay teks cerpen dil 15+ Contoh Soal Essay Teks Cerpen (Dilengkapi Kunci) : Bahasa Indonesia Kelas IX

Gambar: freepik.com

1. Tuliskan pemahaman teks cerpen!

Jawaban: 

Cerpen ialah sebuah karya sastra dalam bentuk goresan pena yang mengisahkan wacana suatu dongeng fiksi kemudian dikemas secara pendek, jelas dan ringkas. Cerpen lazimnya cuma mengisahkan cerita pendek ihwal permasalahan yang dialami satu tokoh saja.

2. Apa yang dimaksud dengan penokohan?

Jawaban:

Tokoh dongeng ialah orang-orang ditampilkan dalam suatu karya naratif. Penokohan ialah pelukisan gambaran yang terperinci perihal bagaimana moral tokoh tersebut. Penempatan dan pelukisannya dalam suatu cerita pun diterangkan sehingga sanggup memberikan citra yang terang kepada pembaca.

3. Tuliskan pengertian cerpen menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Jawaban:

Cerpen merupakan kisah pendek yang berisi perihal dongeng dongeng yang berisi tidak lebih dari 10 ribu kata. Pada biasanya cerita pada cerpen bisa memperlihatkan kesan mayoritas dan berkonsentrasi pada problem satu tokoh. Menurutnya dalam cerpen tidak ada kisah hingga 100 halaman.

4. Apa yang dimaksud dengan latar daerah?

Jawaban:

Latar kawasan mengacu pada lokasi terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam karya fiksi. Unsur kawasan yang dipergunakan mampu berupa tempat-tempat dengan nama tertentu.

5. Tuliskan pengertian cerpen berdasarkan Menurut J.S Badudu!

Jawaban:

Menurut Badudu cerpen yaitu sebuah karya dongeng yang berpusat pada satu kejadian kejadian yang dialami oleh satu tokoh saja. Kisah yang terjadi pada cerpen terjadi sebab peristiwa yang menumbuhkan peristiwa tersebut.

6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan latar sosial?

Jawaban:

Latar sosial mengacu pada hal-hal yang berhubungan dengan sikap sosial penduduk di sebuah kawasan yang diceritakan dalam karya fiksi. Termasuk di dalamnya yakni berupa kebiasaan hidup, budpekerti-istiadat, tradisi, dogma, pandangan hidup, dan cara berpikir.

7. Tuliskan pengertian abstrak pada struktur teks cerpen!

Jawaban:

Abstrak merupakan pemaparan gambaran awal dari cerita yang dikisahkan. Pada cerpen absurd biasanya dipakai selaku komplemen cerita. Maka dari itu abstrak bersifat opsional atau mampu jadi tidak ada pada cerpen tersebut.

8. Apa yang dimaksud dengan sudut pandang?

Jawaban:

Sudut pandang ialah cara penulis memandang tokoh-tokoh kisah dengan menempatkan dirinya pada posisi tertentu. Umumnya penulis menempatkan diri pada posisi orang ketiga dengan memakai kata ganti beliau atau orang pertama dengan menggunakan kata ganti orang pertama aku.

9. Apa yang dimaksud dengan komplikasi dalam struktur teks cerpen?

Jawaban:

Komplikasi menerangkan perihal struktur yang berhubungan dengan pemaparan awal suatu persoalan yang dihadapi oleh tokoh. Watak dari tokoh juga diterangkan pada bab ini. Selain itu pada komplikasi juga menjelaskan urutan peristiwa yang berhubungan dengan alasannya akhir.

10. Tuliskan lima fungsi teks cerpen!

Jawaban:

1) Fungsi Rekreatif
2) Fungsi Estetis
3) Fungsi Didaktif
4) Fungsi Moralitaas
5) Fungsi Religiusitas

11. Tuliskan ciri-ciri teks cerpen!

Jawaban:

1) Pada lazimnya cerpen bersifat fiktif atau berupa karangan dari penulis.
2) Cerpen memiliki susunan kata yang tidak lebih dari 10.000 (sepuluh ribu) kata.
3) Saat membaca cerpen lazimnya final dengan sekali duduk.
4) Cerpen memiliki bentuk kisah yang sangat singkat.
5) Cerpen mempunyai diksi atau pilihan kata yang tidak rumit sehingga gampang dipahami oleh pembaca.
6) Cerpen cuma memiliki alur cerita tunggal atau satu jalan cerita saja.
7) Kisah kisah pada cerpen lazimnya berasal dari kejadian dalam kehidupan sehari-hari.
8) Karakter tokoh pada cerpen sungguh sederhana.
9) Di tamat bab lazimnya terdapat pesan adab yang sungguh mendalam sehingga menciptakan pembaca ikut mencicipi cerita pada cerpen tersebut.

12. Tuliskan pemahaman tema cerita dalam teks cerpen!

Jawaban: 

Tema ialah pemikiran dasar umum yang menopang suatu karya sastra. Tema menjadi dasar pengembangan seluruh cerita. Oleh sebab itu, tema bersifat menjiwai seluruh bagian cerita.

13. Apa yang dimaksud dengan alur kisah dalam teks cerpen?

Jawaban:

Alur kisah merupakan insiden yang jalin-menjalin menurut korelasi tertentu. Sebuah rangkaian peristiwa mampu terjalin menurut urutan waktu, kejadian, dan kekerabatan alasannya-akibat.

14. Tuliskan 1 teladan amanat dalam teks cerpen!

Jawaban:

Jika keadilan dilihat dari sudut pandang berlawanan, balasannya juga berlainan. Oleh alasannya itu, kita harus menimbang-nimbang berbagai sudut pandang dalam memilih keadilan.

15. Tuliskan struktur teks cerpen!

Jawaban:

Struktur teks cerpen ialah selaku berikut.
1) Orientasi
2) Komplikasi
3) Evaluasi
4) Resolusi


Posted

in

by